HOME » BERITA » INI YANG DILAKUKAN PEMILIK MOBIL TERHADAP BANNYA DI DAERAH BERSALJU

Ini yang Dilakukan Pemilik Mobil Terhadap Bannya di Daerah Bersalju

Kamis, 31 Agustus 2017 14:30

Ini yang Dilakukan Pemilik Mobil Terhadap Bannya di Daerah Bersalju
Tractionizing (foto: TeamOneilRally)
Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Agak susah membayangkan bagaimana kondisi lalu lintas, maupun jalanan yang licin di daerah sub tropis yang agak dingin dan bersalju. Namun jika otolovers sekalian perhatikan, beberapa daerah yang terkena hujan salju akan mengalami kondisi licin yang bahkan bisa mengundang kecelakaan.

Lantas apa yang perlu dilakukan oleh para pengendara mobil supaya mobil mereka tidak terpeleset karena ban yang standart? Bagi sejumlah pemilik kendaraan, mereka akan melakukan satu proses yang dinamakan 'tractionizing' terhadap ban mobil mereka.

Seperti yang diunggah oleh akun youtube TeamOneilRally ini, Otolovers. Akun youtube ini menunjukkan bagaimana para pemilik kendaraan bisa mencegah licinnya permukaan aspal saat musim salju tiba, ata saat hujan lebat dimana kondisi ban agak terasa amat licin.

Tractionizing sejatinya agak mirip dengan vulkanisir, tapi perbedaannya adalah bahwa tractionizing dilakukan menyeluruh ke sekujur tubuh ban menggunakan alat bernama tractioner. Alat ini memiliki duri-duri tajam untuk kemudian ban mobil dijalankan di atasnya.

Fungsi dari alat ini adalah untuk membuat sela-sela kecil pada ban mobil supaya daya gigit pada ban semakin besar. Tapi sayangnya proses ini ternyata bisa membuat usia dari ban mobil semakin pendek. Hanya saja, proses ini bisa dibilang adalah cara termudah untuk meningkatkan traksi dan gesekan mencegah ban licin.

(kpl/fjr)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-8-31
detail

BERITA POPULER