HOME » BERITA » INIKAH MOBIL LISTRIK TOYOTA YANG AKAN MASUK INDONESIA?

Inikah Mobil Listrik Toyota yang Akan Masuk Indonesia?

Toyota akan menghadirkan mobil listrik di Indonesia lewat brand Lexus.

Kamis, 19 November 2020 17:45 Editor : Cornelius Candra
Inikah Mobil Listrik Toyota yang Akan Masuk Indonesia?
Mobil listrik Lexus UX 300e (Lexus)

OTOSIA.COM - PT Toyota Astra Motor (TAM) terbilang sukses dengan kendaraan ramah lingkungannya. Saat ini, mereka tengah memasarkan 4 model mobil hybrid, yakni Toyota Corolla Cross Hybrid, Toyota Corolla Altis Hybrid, Toyota C-HR Hybrid, dan Toyota Camry Hybrid.

Tak berhenti sampai di situ, PT TAM masih akan terus berinovasi dalam mempercepat era elektrifikasi kendaraan di Indonesia. Rabu kemarin (18/11), mereka mengungkap siap menghadirkan mobil listrik atau Battery Electric Vehicle (BEV) melalui brand Lexus.

1 dari 3 Halaman

Jelas, pabrikan asal Jepang ini berencana untuk menyasar segmen premium terlebih dahulu. Pasalnya, orang-orang di kelas tersebut telah memiliki kendaraan bermesin konvensional dan perlahan akan menggunakan mobil listrik untuk berakhir pekan.

"Dari hasil studi kami, yang paling siap memiliki mobil listrik adalah segmen premium. Mereka telah memiliki mobil lain (mesin konvensional). Jadi, mobil listrik digunakan di akhir pekan, untuk bepergian jarak jauh menggunakan mobil konvensional," terang Anton Jimmy Suwandi, Marketing Director PT TAM.

2 dari 3 Halaman

Memang masih belum ada bocoran terkait produk yang akan diboyong PT TAM. Tapi, salah satu produk yang berpeluang hadir di Indonesia adalah Lexus UX 300e, mobil listrik murni bertenaga baterai pertama dari Lexus.

Sebenarnya, Lexus UX 300e telah melakoni debut pada November 2019 lalu di Eropa dan China. Sedangkan untuk pasar otomotif Jepang, baru akan dijual mulai awal 2021 mendatang.

3 dari 3 Halaman

Lexus UX 300e ini konsepnya adalah sebuah SUV mewah 5-seater. Berbekal baterai Lithium-Ion berkapasitas 54,3 kWh, mobil listrik tersebut memiliki daya tempuh hingga 400 km. Pengisian dayanya pun tak terlalu lama, 0-80% hanya 50 menit dengan fast-charger.

Sepasang motor listriknya berada di roda depan dan mampu mengeluarkan tenaga sebesar 204 PS dengan torsi maksimum 300 Nm. Di Inggris, Lexus UX 300e hadir dalam 4 varian dengan rentang harga dari GBP43.900-53.500, setara Rp825 jutaan hingga Rp1 miliaran (Kurs GBP1 = Rp18.800).

BERI KOMENTAR