HOME » BERITA » INIKAH MOBIL SUBARU BERIKUTNYA DI INDONESIA SETELAH FORESTER?

Inikah Mobil Subaru Berikutnya di Indonesia Setelah Forester?

Bagian akhir video singkat pengenalan Subaru Forester dari akun YouTube Subaru Indonesia menunjukkan SUV misterius berkelir putih. Mobil apakah itu?

Sabtu, 21 Mei 2022 08:35 Editor : Arendra Pranayaditya
Inikah Mobil Subaru Berikutnya di Indonesia Setelah Forester?
Subaru XV (Subaru)

OTOSIA.COM - Baru-baru ini Subaru Indonesia, melalaui Agen Pemegang Merek (APM) Plaza Auto Mega, secara resmi kembali beroperasi di Indonesia. Peresmian berlangsung melalui pengenalan dua produk baru, yakni Subaru Forester 2.0-i L dan Forester 2.0-i S EyeSight.

Pihak Subaru mengatakan sebagai tahap awal baru Forester yang diperkenalkan. Namun kedepannya, model-model Subaru lainnya juga akan diboyong ke Indonesia secara berkala.

"Untuk model-model lainnya ditunggu saja. Saya tidak bisa bilang sekarang, tapi pasti kita ada kejutan-kejutan lain tahun ini. Ditunggu saja," papar Arie Christopher, Chief Operating Officer (COO) Subaru Indonesia, di sela-sela peluncuran Subaru Forester, Rabu (18/5/2022).

1 dari 3 Halaman

SUV Baru

SUV misterius Subaru (YouTube/Subaru Indonesia)

Meski tidak menyebut mobil berikutnya, Subaru XV berpotensi menjadi model yang diperkenalkan setelah Forester. Hal ini terkuak video pengenalan Subaru Forester di akun YouTube resmi Subaru Indonesia, baru-baru ini.

Di bagian akhir video singkat tersebut, tampil sebuah SUV misterius berkelir putih dengan beberapa bagian bodi ditutupi. Crossover itu diduga kuat sebagai Subaru XV atau juga dikenal sebagai Subaru Crosstrek di beberapa negara.

Hal ini terlihat dari bentuk khas XV, mirip seperti Subaru Impreza hatchback dengan ground clearance tinggi dan body cladding layaknya mobil SUV. Mobil tersebut boleh jadi adalah generasi kedua dari lini model XV yang diperkenalkan pada ajang internasional New York International Auto Show (NYIAS) tahun 2017.

2 dari 3 Halaman

Melansir netcarshow.com, Jumat (20/5/2022), Subaru XV terbaru juga mengusung Subaru Global Platform yang diklaim meningkatkan kenyamanan, keamanan dan ketangguhan, sama seperti Forester di Indonesia.

Crossover ini mengusung mesin 2.000cc berkode FB20 yang menghasilkan tenaga 152 hp dan torsi 196 Nm. Seluruh tenaga disalurkan ke setiap tenaga melalui sistem Symmetrical All-Wheel Drive (S-AWD). Girboks yang digunakan berupa CVT.

Di Amerika Serikat, Subaru Crosstrek dibanderol mulai dari 23.145 USD atau Rp 338,8 juta (dengan kurs 1 USD = Rp 14.639,05), hingga tipe termahal Crosstrek Sport yang dijual 27.495 USD atau Rp 409 juta.

3 dari 3 Halaman

Sempat dijual

Subaru XV yang pernah dijual di Indonesia (netcarshow.com)

Subaru XV juga sempat dijual di Indonesia, sebelum Subaru Indonesia terjerat kasus masalah impor di tahun 2014.

Mobil ini diluncurkan menjelang Indonesia International Motor Show (IIMS) tahun 2012 silam, bersamaan dengan pengenalan Subaru BRZ dan Forester 2.0XT. Pada saat itu, Subaru XV dibanderol Rp 338 juta atau Rp 359 juta untuk tipe XV 2.0i Premium.

Crossover perkotaan dengan sistem penggerak empat roda (AWD) ini dijual sebagai penantang Honda HR-V di masanya.

Namun penjualan XV tergolong cukup baik. Berdasarkan data whole sales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) tahun 2014, Subaru XV laku sebanyak 394 unit.

BERI KOMENTAR