HOME » BERITA » INIKAH PESAING SEPADAN HONDA PCX HYBRID DARI YAMAHA?

Inikah Pesaing Sepadan Honda PCX Hybrid dari Yamaha?

Tak hanya Honda, ternyata Yamaha juga punya skutik hybrid, Yamaha Grand Filano Hybrid.

Selasa, 17 Juli 2018 11:15 Editor : Cornelius Candra
Foto: Autospinn.com

OTOSIA.COM - Saat ini, PT Astra Honda Motor (AHM) bisa dibilang menjadi pabrikan pertama dan satu-satunya yang memasarkan sepeda motor hybrid di Indonesia dengan kehadiran Honda PCX Hybrid. Dengan kata lain, skutik yang menggunakan kombinasi mesin konvensional dan elektrik itu tidak memiliki saingan.

Di sisi lain, rival PT AHM, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) masih belum memperlihatkan ketertarikan untuk merilis pesaing Honda PCX Hybrid. Namun, di Thailand, pabrikan berlogo garpu tala itu baru saja meluncurkan motor hybrid, Yamaha Grand Filano Hybrid.

Mengutip dari Greatbiker.com, sebenarnya, motor ini tidak termasuk dalam segmen maxi-sukter karena bergaya modern-retro dengan nuansa Italia. Dengan demikian, Honda PCX Hybrid memiliki pesaing di kelas motor hybrid, untuk sementara ini.

Sebenarnya, secara kapasitas, keduanya jelas berbeda. Honda PCX Hybrid mengusung mesin 150cc berpendingin cairan, sedangkan Yamaha Grand Filano Hybrid dibekali dapur pacu 125cc berpendingin udara.

Meski demikian, ada kemiripan pada sistem hybrid keduanya namun memiliki nama berbeda. Layaknya Honda PCX Hybrid yang memanfaatkan ACG starter sebagai generator listrik, Yamaha Grand Filano Hybrid menggunakan Smart Motor Generator (SMG) sebagai power-assist untuk menghasilkan tenaga saat berakselerasi.

Mesin konvensional dan listrik Yamaha Grand Filano Hybrid akan nyala bersamaan ketika akseleratornya aktif pada putaran mesin di atas 4.000 rpm. Dengan demikian, torsi skuter tersebut akan bertambah dan juga membuatnya menjadi lebih irit bahan bakar.

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, desain Yamaha Grand Filano Hybrid kental dengan nuansa skuter Italia yang futuristik dan gambot. Penampilan motor ini pun semakin mantap dengan penggunaan LED headlight, instrumen panel kombinasi analog dan digital lengkap dengan layar TFT.

Menariknya, Yamaha Grand Filano Hybrid telah memiliki sistem pengereman ABS (anti-lock brake system). Biasanya, teknologi tersebut hanya disematkan pada motor premium atau pun sport. Fitur menarik lainnya ialah power-socket charger, keyless, dan lubang pengisian bahan bakar di dek depan.

Menurut situs resmi Yamaha Thailand, di sana, Yamaha Grand Filano Hybrid standard (non-ABS) dibanderol seharga THB55.500 atau sekitar Rp24 jutaan. Sementara itu, versi tertingginya, Yamaha Grand Filano Hybrid ABS dijual seharga THB62.000 yang setara dengan Rp26,8 jutaan.

Adakah kemungkinan bahwa Yamaha Grand Filano Hybrid akan diboyong PT YIMM ke Indonesia untuk menyaingi Honda PCX Hybrid?

(kpl/crn)

BERI KOMENTAR