HOME » BERITA » INIKAH SUSPENSI MOBIL TERNYAMAN DI DUNIA?

Inikah Suspensi Mobil Ternyaman di Dunia?

ClearMotion menciptakan teknologi suspensi ternyaman di dunia dengan sistem elektromagnetik.

Kamis, 15 Agustus 2019 10:15 Editor : Cornelius Candra
Inikah Suspensi Mobil Ternyaman di Dunia?
Ilustrasi suspensi mobil (autotrader.ca)

OTOSIA.COM - Kenyamanan kerap menjadi salah satu faktor yang berpengaruh ke pemilihan mobil. Bahkan, tak sedikit yang rela membayar mahal untuk mendapatkannya.

Melihat adanya permintaan tersebut, sebuah perusahaan startup bernama ClearMotion menciptakan teknologi suspensi super canggih yang diklaim ternyaman di dunia.

ClearMotion sebenarnya bukanlah produk suspensi after-market, melainkan alat yang menempel di suspensi. Teknologi ini menggunakan komputer canggih yang dapat memantau kondisi jalan.

Situs resmi ClearMotion tak menjelaskan secara rinci mengenai cara kerjanya. Yang jelas, data dari komputer akan digunakan untuk menyesuaikan tingkat peredaman suspensi asli mobil menggunakan sistem elektromagnetik.

Tak hanya kenyamanan, ClearMotion juga mengklaim produknya dapat meningkatkan performa. Dengan alat ini, body-roll mobil bisa berkurang dan pengereman menjadi lebih presisi.

Selain itu, ClearMotion juga memiliki fitur lane keep assist. Teknologi bernama Proactive Ride ini menjaga mobil tetap ada di jalur yang semestinya.

1 dari 2 Halaman

Perkembangan ClearMotion

Inikah Suspensi Mobil Ternyaman di Dunia?Perkembangan ClearMotion

Sebenarnya ClearMotion bukanlah perusahaan pertama yang menciptakan teknologi tersebut. Rencana ini sudah ada sejak 30 tahun silam, digarap oleh perusahaan Audio Bose.

Hanya saja, biaya yang sangat mahal dan dirasa terlalu berat, Bose pun menghentikan teknologi suspensi elektromagnetik ini. Alhasil, proyek tersebut tak tersentuh selama 20 tahun.

Kemudian pada 2017 ClearMotion membeli semua teknologi ini dari Bose dan melanjutkan pengembangannya. Dana yang dikeluarkan tak main-main, USD100 juta, setara Rp1,4 miliaran (Kurs USD1 = Rp14.279).

Kini, ClearMotion tengah mempersiapkan peluncuran produknya. Mereka pun menggandeng beberapa perusahaan lain, seperti BMW, Qualcomm, dan raksasa ban dunia, Bridgestone.

2 dari 2 Halaman

Simak Videonya

Inikah Suspensi Mobil Ternyaman di Dunia?Simak Videonya

BERI KOMENTAR