HOME » BERITA » INILAH 10 KEUNIKAN KAWASAKI NINJA ZX-25R

Inilah 10 Keunikan Kawasaki Ninja ZX-25R

Dibanderol mulai Rp 96 juta, Kawasaki Ninja ZX-25R sedikitnya memiliki 10 keunikan yang tidak dimiliki pesaingnya di kelas 250cc.

Jum'at, 10 Juli 2020 16:10 Editor : Nazarudin Ray
Inilah 10 Keunikan Kawasaki Ninja ZX-25R
Kawasaki Ninja ZX-25R sedikitnya punya 10 keistimewaan (Nazar Ray)

OTOSIA.COM - Muncul di ajang Tokyo Motor Show Oktober tahun lalu membuat banyak orang bertanya-tanya akan seperti apa jadinya Kawasaki Ninja ZX-25R ketika dipasarkan di Indonesia.

Kawasaki Motor Indonesia akhirnya menjabarkan spesifikasinya secara resmi dengan berbagai keunggulan pionir di kelasnya. Total ada lebih dari sepuluh keunikan.

Pertama adalah KTRC (Kawasaki Traction Control). Ninja ZX-25R menjadi yang pertama menggunakan fitur traction control di kelas 250 cc dengan 3 mode berkendara dan dapat disetel off.

1 dari 4 Halaman

Lalu ada Power Mode Selection yang dapat diatur dengan mode full atau low. Lainnya adalah KQS (Kawasaki Quick Shiffter) SE. Fitur Quick Shifter (upshifts dan downshifts) yang dipasang merupakan pertama di kelas 250cc.

Bicara rangka, konsep pengembangannya adalah "a fast bike in race is easier to ride in the city". Rangka ini disebut terinspirasi dari Ninja ZX-10R yang telah memenangkan ajang WSBK 5 kali berturut-turut.

Dia menggunakan All New Trellis Frame sehingga diklaim menawarkan kemudahan manuver, baik saat berkendara di dalam kota maupun dengan karakter handling supersport ketika di sirkuit.

Golnya adalah, ketika di tikungan, ketenangan tingkat tinggi dan feedback yang baik dapat memberi pengendara rasa terhubung dengan lintasan dan memberi rasa percaya diri untuk mengeksplorasi batas berkendara mereka.

"Ninja ZX-25R terinspirasi dari ajang racing World Superbike ketika memutuskan komponen utama rangka motor ini dan perhatian lebih untuk mencapai keseimbangan yang sempurna berkontribusi ke motor Ninja ZX-25R. Sebagai hasilnya handling Ninja ZX-25R mirip dengan Ninja ZX-10R dan Ninja ZX-6R ketika memasuki tikungan," beberHead of Marketing PT Kawasaki Motor Indonesia Michael Tjandra Tanadi.

2 dari 4 Halaman

Keunikan lainnya adalah SFF-BP (Separate Function Fork-Big Piston). Ninja ZX-25R menggunakan suspensi depan inverted (USD) fork dengan dengan diameter 37mm dan menggunakan teknologi SFF-BP untuk penggunaan harian dan menawarkan performa di sirkuit.

Di belakang, ada Horizontal Back-link Rear Suspension. Ini menawarkan karakter progresif yang berkontribusi pada handling motor supersport. Keunikan ini juga menjadi debut pertama di kelas 250 cc.

3 dari 4 Halaman

Masih soal handling, distribusi beban roda ditingkatkan dan pusat gravitasi lebih tinggi sehingga meningkatkan kemampuan menikung.

Kawasaki sendiri menerapkan sentralisasi massa, memperpendek jarak antara sepeda motor dan pusat gravitasi pengendara, optimalisasi wheelbase dan jejak, didukung swing arm panjang dengan Gull-Arm style Swingarm untuk meningkatkan kestabilan.

Soal rem, tentu terpasang pula disc brake depan diameter besar (310 mm) menggunakan "radial-mount monobloc caliper" dan disc brake belakang dengan diameter 220 mm. Brake dan clutch lever-nya pun dapat disetel.

4 dari 4 Halaman

Kawasaki Ninja ZX-25R dipersenjatai mesin DOHC Liquid-cooled, 4 silinder dan berkapasitas 250cc. Dengan bekal tersebut Ninja ZX-25R menyemburkan tenaga 36,8 kW (50 PS)/15.500 rpm, dan maksimum power Ram Air sebesar 37,5 kW (51 PS)/ 15.500 rom, serta torsi maksimum 22,9 Nm (2.3 kgf-m)/14.500 rpm.

Kawasaki Ninja ZX-25R menawarkan 4 pilihan warna, yakni Metallic Spark Black, Lime Green/Ebony (ABS-SE), Metallic Spark Black/Pearl Flat Stardust White (ABS-SE), dan Candy Plasma Blue/Metallic Spark Black (ABS-SE).

Untuk harga, Ninja ZX-25R Standar dibanderol Rp 96 juta dan Ninja ZX-25R ABS-SE dijual Rp 112,9 juta on the road DKI Jakarta.

BERI KOMENTAR