HOME » BERITA » INILAH ALASAN UNTUK TIDAK NEKAT MENEMBUS GARIS PEMBATAS JALAN!

Inilah Alasan Untuk Tidak Nekat Menembus Garis Pembatas Jalan!

Kecelakaan in benar-benar menegaskan bahwa melakukan overtake di lajur yang dibatasi garis tidak putus bukanlah hal yang bijaksana.

Selasa, 21 November 2017 18:30 Editor : Fajar Ardiansyah
Kecelakaan (foto: Facebook Chin Kean Fatt)

OTOSIA.COM - Sudah jelas bahwa jika ada ruas jalan yang memiliki garis, maka akan ada dua pengertian untuk bisa dipahami para pengendara. Jika garis pada jalan itu putus-putus, maka pengendara boleh menginjaknya untuk melakukan overtake kepada kendaraan lain dari sebelah kanan. Sebaliknya, jika garis bersambung maka tidak diperkenankan untuk melakukan overtake.

Sayangnya peraturan tersebut masih banyak yang melanggar. Padahal sekalipun tidak langsung mendapatkan penindakan dari petugas kepolisian, kondisi tersebut akan sangat membahayakan jika pengendara nekat untuk melakukan overtake dan menginjak garis tidak putus-putus dan melakukan overtake.

Akun facebook Chin Kean Fatt mengunggah sebuah rekaman dari dashcam pada 17 November 2017 yang lalu. Dalam video itu memperlihatkan sejumlah kendaraan yang berusaha mendahului truk tronton tanpa muatan lewat lajur kanan. Tak cukup jelas dimana peristiwa ini terjadi, namun beberapa komentar mengatakan, kemungkinan ini adalah jalur menuju Kota Kinabalu, Malaysia.

Setelah satu kendaraan berhasil melakukan overtake kepada truk tersebut, ternyata muncullah lagi satu SUV yang juga ingin melakukan hal yang sama. Hanya saja, nampaknya SUV tersebut tidak pada momen yang tepat untuk overtake. Sehingga kendaraan yang datang melawan arah langsung saja dihantam oleh SUV ini.

Tak tampak ada korban cedera parah ataupun korban jiwa dari kecelakaan ini. Hanya saja kedua kendaraan yang saling cium mengalami rusak parah pada bagian crumple zone. Apalagi, kendaraan pertama sampai terpelanting karena dorongan dari mobil yang datang dari arus berlawanan. Makanya! Kalau ada garis tidak putus-putus, jangan nekat overtake!

(kpl/fjr)

BERI KOMENTAR