HOME » BERITA » INILAH CARA MENDAHULUI KENDARAAN DENGAN BENAR

Inilah Cara Mendahului Kendaraan dengan Benar

Senin, 12 Februari 2018 17:45

Inilah Cara Mendahului Kendaraan dengan Benar
Ilustrasi : thetmax.com
Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Mendahului kendaraan lain adalah hal yang lazim dilakukan oleh pengguna kendaraan bermotor. Tapi tahukah kamu bahwa persoalan ini ternyata juga memiliki aturan yang berkekuatan hukum?

Secara garis besar, sebelum mendahului kita harus memastikan bahwa jalan sudah kondusif. Selain itu, kita harus memberi kode, seperti lampu sein kepada pengendara lain supaya tidak terkejut dengan gerekan kendaraan kita.

Perihal mendahului ini ternyata diatur dalam Peraturan Pemerintah no. 43 tahun 1993 tentang Prasarana dan Lalu Lintas Jalan. Ada 3 pasal yang menjelaskan berbagai hal yang harus dilakukan dan dilarang ketika mendahului.

Pada pasal 52 dijelaskan bahwa pengemudi yang akan mendahului kendaraan lain harus memiliki pandangan yang bebas dan memiliki ruang yang cukup. Lajur yang digunakan haruslah di sebelah kanan kendaraan yang dilewati.

Diperbolehkan mendahului dari sebelah kiri, namun dengan kondisi tertentu dan harus tetap memperhatikan keselamanan berlalu lintas. Keadaan yang diperbolehkan adalah lajur kanan sedang macet atau akan berbelok ke kiri.

Hindari mendahului kendaraan yang sedang menyalakan lampu sein kanan. Ada 3 kemungkinan alasan ia memberi kode tersebut. Bisa jadi ada kendaraan dari arah berlawanan, mobil di depan hendak berbelok ke kanan, atau mobil yang akan kita lewati juga hendak mendahului mobil yang ada di depannya.

Pengemudi harus menurunkan kecepatan ketika melewati kendaraan umum yang sedang menaikkan atau pun menurunkan penumpang. Selain itu, perlambatan ini harus dilakukan ketika ada kendaraan tidak bermotor yang ditarik oleh hewan, hewan yang ditunggangi, atau hewan yang digiring. Aturan ini tercatat pada pasal 53.

Kita tidak boleh mendahului kendaraan lain yang berada di persimpangan atau sedang memberi kesempatan menyeberan bagi pejalan kaki atau pengendara sepeda. Hal ini tertulis pada pasal 55 huruf a dan b.

 (kpl/crn)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2018-2-12
detail

BERITA POPULER