HOME » BERITA » INILAH SEPEDA MOTOR PERTAMA YANG MASUK INDONESIA

Inilah Sepeda Motor Pertama yang Masuk Indonesia

Sabtu, 15 April 2017 11:45

Inilah Sepeda Motor Pertama yang Masuk Indonesia
Foto: Wikiwand.com
Editor : Ahmad Khoirudin

Otosia.com - Sepeda motor untuk era sekarang sudah menjadi alat transportasi yang fungsinya layaknya sebuah 'kaki'. Mayoritas orang kemanapun menggunakan sepeda motor, bahkan ke warung yang jaraknya tergolong dekat, 100-200 meteran juga menggunakan motor.

Modelnya dari pabrikan pun sudah sangat beragam, mulai dari bebek, sport fairing, naked sport, cruiser, scooter dan sebagainya. Asosiasi Sepeda Motor Indonesia pernah menginformasikan jika sudah ada sekitar 126 juta unit sepeda motor yang beredar di jalanan Indonesia, itu pun untuk yang teregistrasi saja.

Terlepas dari era sepeda motor sekarang ini, sebenarnya kapan dan seperti apa sepeda motor yang pertama kali masuk Indonesia?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut kita harus kembali ke sejarah. Sebuah catatan menyatakan jika sepeda motor sudah hadir di Indonesia sejak jaman pendudukan Belanda pada tahun 1893 yang saat itu masih bernama Hindia Timur (Oost Indee).

Uniknya, walaupun pada saat itu Indonesia masih dibawah pendudukan Belanda, orang pertama yang memiliki sepeda motor di Indonesia justru bukanlah orang Belanda, melainkan orang Inggris. Ia adalah John C. Potter yang kesehariannya bekerja sebagai masinis di Pabrik Gula Oemboel Probolinggo, Jawa Timur.

Sebuah buku yang berjudul Krèta Sètan (De Duivelswagen) juga dikabarkan memuat catatan kisah bagaimana John C. Potter memesan sendiri sepeda motor tersebut dari pabriknya Hildebrand und Wolfműller di Muenchen, Jerman.

Sepeda motor pesanan Potter itu tiba pada tahun 1893, satu tahun sebelum mobil pertama tiba di Indonesia. Dan hal tersebut yang membuat Potter menjadi orang pertama di Indonesia yang menggunakan kendaraan bermotor.

Selang lama setelah sepeda motor pertama di Indonesia tersebut, pada awal tahun 1960-an skuter Vespa masuk Indonesia yang kemudian diikuti sepeda motor asal Jepang, seperti Honda, Suzuki, Yamaha.

Kalau untuk sekarang justru lebih banyak lagi pabrikan sepeda motor yang masuk ke Indonesia, seperti Bajaj dari India, KTM dari Autria, Harley Davidson dari Amerika, dan sebagainya masih banyak lagi.

(kpl/rd)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-4-19
detail

BERITA POPULER