HOME » BERITA » INILAH SUKU CADANG PALING DICARI SELAMA PANDEMI CORONA

Inilah Suku Cadang Paling Dicari Selama Pandemi Corona

Suku cadang fast moving adalah onderdil yang paling banyak dicari selama pandemi virus corona (COVID-19).

Selasa, 21 April 2020 16:15 Editor : Nazarudin Ray
Inilah Suku Cadang Paling Dicari Selama Pandemi Corona
Ilustrasi suku cadang dan aksesoris Suzuki (Istimewa)

OTOSIA.COM - Sejak merebaknya virus corona (COVID-19) salah satu hal yang dikhawatirkan pemilik kendaraan selain persoalan servis adalah ketersediaan suku cadang. Pasalnya produsen otomotif menutup pabrik mereka dan diikuti berhentinya operasional dealer dan bengkel resmi untuk sementara waktu.

Kendati dihantui ketersediaan spare part akan langka dan banyak kendaraan pribadi tidak digunakan, pada kenyataannya selama wabah COVID-19 penjualan suku cadang tidak tersendat. Bahkan beberapa onderdil tertentu menjadi buruan konsumen.

1 dari 2 Halaman

Menurut Christiana Yuwantie, Sparepart Dept. Head PT Suzuki Indomobil Motor (SIM), suku cadang yang paling dicari selama pandemi corona adalah yang bersifat fas moving. Hal yang sama seperti situasi sebelum corona merebak.

"Untuk saat ini, fast moving parts seperti filter oli, bulb, dan kampas kopling menjadi suku cadang yang paling sering dicari pelanggan," ungkapnya.

Penjualan suku cadang secara online mengalami peningkatan. Berdasarkan data Suzuki Indomobil Motor menunjukkan adanya peningkatan pengguna aplikasi My Suzuki selama bulan Maret 2020 sebanyak 23% hingga mencapai lebih dari 30.000 pengguna.

"Tentunya, selain didukung dengan adanya promo tambahan diskon untuk item tertentu khusus bulan April, penjualan spare parts Suzuki juga didukung dengan adanya kemudahan pembelian untuk konsumen, yaitu dengan menggunakan aplikasi My Suzuki maupun menggunakan layanan Halo Suzuki," paparnya. 

2 dari 2 Halaman

Saat ini Jabodetabek menjadi wilayah penyumbang kontribusi penjualan suku cadang Suzuki terbesar yaitu 34%, disusul Jawa Tengah 15%, dan Jawa Barat 12%.

Suzuki juga memastikan bahwa pasokan suku cadang tidak akan tersendat kendati beberapa wilayah diberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Christiana menambahkan, seluruh pengguna Suzuki, baik mobil maupun sepeda motor dapat melakukan pembelian suku cadang secara online via aplikasi My Suzuki untuk menjaga keamanan dan kenyamanan dengan tidak melakukan kontak langsung saat pembelian.

"Perihal pengirimannya, pelanggan tidak perlu khawatir karena suku cadang yang dipesan dapat dikirim langsung dengan jasa ekspedisi yang tersedia. Sehingga walaupun #DiRumahAja namun pelanggan tetap bisa memastikan kendaraan mereka terawat dan dapat digunakan saat terpaksa keluar rumah," katanya.

BERI KOMENTAR