HOME » BERITA » INNOVA BARU DAN LAMA BEDA KODE KAMPAS, JANGAN SALAH BELI

Innova Baru dan Lama Beda Kode Kampas, Jangan Salah Beli

Innova sejak 2015 lalu berubah bentuk dan lahir sebagai generasi kedua. Penyegaran ini adalah kali pertama setelah kurang lebih 11 tahun bertahan.

Sabtu, 24 Maret 2018 10:45 Editor : Cornelius Candra
Foto : toyotabharat.com

OTOSIA.COM - Innova sejak 2015 lalu berubah bentuk dan lahir sebagai generasi kedua. Penyegaran ini adalah kali pertama setelah kurang lebih 11 tahun bertahan.

Perubahannya pun terbilang signifikan. Bukan hanya di bodi, melainkan juga mesin, termasuk juga elemen lain di sektor eksterior maupun interior.

Namun bukan cuma itu, urusan kampas remnya pun beda antara Innova generasi pertama dan kedua. Oleh karena itu, mereka yang cari part aftermarket kampas rem jangan sampai salah beli.

"Innova awal sampai 2015 masih kodenya EF, ketika dia sudah reborn dia sudah FG," kata Arief Tri Waskito, Direktur R&D dan Production PT Indo Bintang Mandiri selaku produsen brake pad ABrake.

Huruf E, F, dan G adalah penanda level koefisien friksi pada rem. Dalam hal ini, E adalah yang terendah, sementara G menjadi yang tertinggi dalam hal level koefisien friksi.

Sementara itu, kode gabungan EF dan FG merujuk pada kampas kanan dan kiri. Jadi artinya sisi E dan sisi F untuk Innova lama, serta sisi F dan sisi G untuk Innova baru.

"Kapasitas remnya beda, desainnya beda, peruntukannya juga beda," ujar Arief Tri Waskito.

Buat gambaran saja, Innova generasi kedua atau reborn masih menggunakan mesin 2.000 cc. Namun, meksi kapasitasnya sama, daya yang dihasilkan sudah berbeda.

Yang lama 136 PS, sementara yang baru 139 PS. Artinya, mobil pun butuh daya cengkeram yang berbeda saat pengereman. Makanya, jangan salah beli kampas remnya karena cukup berpengaruh pada peran penghentian laju, dan tentu saja keselamatan.

(kpl/why/crn)

BERI KOMENTAR