HOME » BERITA » INTIP HARGA MITSUBISHI XPANDER BEKAS USAI DAPAT DISKON PPNBM

Intip Harga Mitsubishi Xpander Bekas Usai Dapat Diskon PPnBM

Harga baru dapat diskon pajak, berpengaruh dengan bekasnya?

Kamis, 18 Maret 2021 08:45 Editor : Ahmad Muzaki
Intip Harga Mitsubishi Xpander Bekas Usai Dapat Diskon PPnBM
Mitsubishi Xpander (Otosia.com/Nazar Ray)

OTOSIA.COM - Mitsubishi Xpander menjadi salah satu dari 21 model mobil yang mendapatkan relaksasi PPnBM. Dengan diskon pajak ini, harga Xpander baru mendapatkan potongan dari Rp13 juta hingga 18 juta.

Namun hal ini tentu menimbulkan pertanyaan baru terkait dengan Xpander bekas. Apakah PPnBM terhadap Xpander baru berpengaruh terhadap bekasnya?

"Pengaruhnya kecil. Tidak siginifikan," kata Joni Gunawan, pedagang mobil bekas di WTC Mangga Dua saat berbincang dengan Dream, Rabu 17 Maret 2021.

1 dari 3 Halaman

Menurutnya, harga mobil baru Mitsubishi Xpander varian Sport, Ultimate, hingga Cross dengan PPnBM nol persen masih di atas Rp250 juta.

"Jadi meski sudah harga diskon PPnBM, barunya masih lumayan jauh dibanding dibanding bekasnya," imbuh dia.

Namun perlu dicatat, harga bekas itu untuk keluaran muda seperti 2020. Sedangkan keluaran 2019 ke bawah memang terjadi penuruan harga sedikit.

 

2 dari 3 Halaman

Hal senada juga diungkap Halomoan Fischer, Presiden Direktur Mobil88. Awalnya pedagang mobil bekas khawatir terjadinya penurunan harga akibat PPnBM mobil baru, tapi ternyata belum berpengaruh signifikan.

" Segmen pasar juga berbeda. Toh selisihnya juga tidak jauh yang bekas (tahun muda) dengan mobil baru yang dapat diskon PPnBm," ujarnya saat dihubungi.

3 dari 3 Halaman

Saat ini, kata dia, harga mobil bekas masih cukup bagus. Terutama low MPV. Masih jadi primadona.

Kalau pun ada penurunan harga itu terjadi untuk mobil bekas (tahun tua). Namun itu akan berlangsung sementara dan tidak besar juga penurunan harganya. Setidaknya sampai periode relaksasi pajak berakhir.

Harga Mitsubishi Xpander bekas seri pertama tahun 2017 dijual kisaran Rp180 juta, tahun 2018 sekitar Rp190 juta, dan tahun 2019 dan 2020 bisa di atas Rp200 juta (type ultimate). Tapi itu semua tergantung kondisi mobil.

Penulis: Putu Monik Arindasari

Sumber: Dream.co.id

BERI KOMENTAR