HOME » BERITA » INTIP ISI GARASI BUPATI SABU RAIJUA ORIENT P RIWU KORE, TAK ADA MOBIL BARU

Intip Isi Garasi Bupati Sabu Raijua Orient P Riwu Kore, Tak Ada Mobil Baru

Bupati Sabu Raijua terpilih, Orient P Riwu Kore membuat ricuh publik dengan status kewarganegaraannya. Kini kasus kewarganegaraan Amerika Serikat milik Orient sedang dalam penyelidikan Polda NTT.

Kamis, 04 Februari 2021 18:45 Editor : Dini Arining Tyas
Intip Isi Garasi Bupati Sabu Raijua Orient P Riwu Kore, Tak Ada Mobil Baru
Bupati Sabu Raijua terpilih, Orient P Riwu Kore (Ist)

OTOSIA.COM - Bupati Sabu Raijuaterpilih, Orient P Riwu Kore yang sudah ditetapkan pada 23 Januari 2021 lalu diketahui berstatus sebagai warga negara Amerika Serikat (AS). Hal itu disampaikan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) pada 2 Februari 2021 kemarin.

Menurut Ketua Bawaslu Sabu Raijua, Yugi Tagi Huma, Kedutaan Besar Amerika Serikat baru mengonfirmasi kewarganegaraan Orient. "Iya benar, kita baru mengonfirmasi kewarganegaraan Orient," kata Yugi, Selasa (2/1/2021) disitat dari Liputan6.com.

Pembohongan Publik

Terkait hal tersebut, Orient dianggap melakukan pembohongan publik. Orient juga dinilai mencederai sistem politik Indonesia.

Sesuai aturan pada Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 dijelaskan bahwa syarat menjadi calon kepala daerah adalah warga negara Indonesia. Selain itu, kasus ini juga sedang dalam penyelidikan Polda NTT.

1 dari 3 Halaman

Sedang Diselidiki Polda NTT

Kabid Humas Polda NTT Kombes Pol Rishian Krisna Budhiaswanto (ist) mengatakan bahwa Kapolda NTT, Irjen Pol Lotharia Latif sudah memerintahkan jajarannya melalui Direktur Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda NTT untuk mendalami permasalahan status kewarganegaraan Bupati Sabu Raijua itu.

"Kapolda sudah perintahkan dan saat ini sedang didalami," ungkap Kabid Humas Polda NTT, Kombes Pol Rishian Krisna Budhiaswanto kepada wartawan, Rabu (3/2/2021).

Sementara itu, kejanggalan rupanya sudah dirasakan oleh Bawaslu. Yugi mengatakan pihkanya awalnya curiga terjadap status kewarganegaraan Orient sejak awal.

2 dari 3 Halaman

Aset di Amerika Serikat

Sebab, menurutnya Orient sudah puluhan tahun tidak tinggal di Indonesia. Orient sendiri diketahui bekerja di luar negeri, di Amerika Serikat sejak tahun 1994.

Sedangkan jika melihat Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), Orient juga memiliki aset di AS, yakni di Alabama dan California. Pada LHKPN yang disampaikan pada 14 Agustus 2020 ke KPK, Orient memiliki total nilai kekayaan Rp 33.095.848.903 (Rp 33 miliar).

Ada tujuh tanah dan bangunan yang dia laporkan, yang mana tiga di antaranya ada di Amerika Serikat dan empat lainnya di Kupang NTT. Bupati Sabu Raijua itu memiliki tanah dan bangunan senilai Rp 7,5 miliar di Alabama, tanah dan bangunan senilai Rp 11,2 miliar di California, dan tanah dan bangunan senilai Rp 12,9 miliar di California.

3 dari 3 Halaman

Mobil Tua

Tiga aset di Amerika Serikat itu merupakan hasil dirinya sendiri. Sedangkan empat tanah dan bangunan di Kupang merupakan warisan, yakni senilai Rp 500 juta, Rp 1,2 miliar, Rp 1,4 miliar, dan Rp 1,2 miliar.

Selaim itu, Orient juga melaporkan harta berupa alat transportasi dan mesin. Dia melaporkan empat unit mobil yang mana kesemuanya adalah model lawas.

Mobil milik Orient yakni Honda 2H Hatchback tahun 1989 senilai Rp 116 juta, Mazda PK (Commercial Truck) tahun 1993 senilai Rp 145 juta, dan Honda CR-V tahun 2004 senilai Rp 217 juta serta Honda CR-V tahun 2005 senilai Rp 174 juta.

BERI KOMENTAR