HOME » BERITA » ISI DAYA MOBIL LISTRIK DI JEPANG BERSUMBER DARI MATAHARI, KAPAN YA INDONESIA?

Isi Daya Mobil Listrik di Jepang Bersumber dari Matahari, Kapan ya Indonesia?

Mitsubishi menawarkan sistem perangkat pengisian daya mobil listrik berbasis tenaga surya. Selain menjualnya, Mitsubishi juga menyewakannya.

Rabu, 23 Oktober 2019 09:15 Editor : Dini Arining Tyas
Isi Daya Mobil Listrik di Jepang Bersumber dari Matahari, Kapan ya Indonesia?
Dendo Drive House (Otosia.com/Nazarudin Ray)

OTOSIA.COM - Tren mobil listrik di Indonesia masih berada di tahap sangat awal. Selain ramah lingkungan, mobil listrik juga dianggap ramah kantong. Itu artinya, harus ada infrastruktur penyokong keberadaan stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU).

Sejauh ini, pemasangan SPKLU baru sebatas rencana. Salah satunya akan dipasang di Bandara Soekarno Hatta. Jika melihat Jepang, Indonesia sudah sangat jauh tertinggal. Di negeri matahari terbit itu bahkan ada pengisian daya menggunakan matahari, yang disiapkan oleh Mitsubishi.

Daya listrik yang bersumber dari tenaga surya jelas akan semakin ramah kantong. Sebab, tak ada listrik dari fossil yang dipakai, apalagi bensin. Daya listrik diserap dari alam secara cuma-cuma.

1 dari 1 Halaman

Target 200 Unit

Isi Daya Mobil Listrik di Jepang Bersumber dari Matahari, Kapan ya Indonesia?Target 200 Unit

Peralatan pengisi daya dari Mitsubishi itu bernama Dendo Drive House. Pembelian awal memang cukup memakan biaya besar yakni sekitar 2 juta Yen, atau sekitar Rp 258 juta. Tapi menariknya, Mitsubishi memberikan penawaran sewa dengan biaya Rp 1 juta per bulan.

"Saat ini sudah 65 unit Dendo Drive House tersebar di seluruh Jepang. Tahun 2021, ditargetkan ada 200 unit," kata Manager of EV Solution Dept Mitsubishi Motors, Tadahiro Togami.

Dendo Drive House ini terdiri dari beberapa item seperti panel surya atau solar panel hingga sistem manajemen daya. Bahkan bukan cuma untuk mobil listrik Mitsubishi tetapi juga perangkat lain, seperti sepeda, peralatan rumah tangga, bahkan untuk kondisi mati lampu hingga bencana.

"Untuk negara lainnya, ini yang akan dikembangkan lebih lanjut," tambahnya lagi kepada Otosia.com, yang berkesempatan melihat langsung Dendo Drive House di Jepang.

BERI KOMENTAR