HOME » BERITA » ISUZU MU-X HADIR DENGAN SPEK 4X4 KOMERSIL, VERSI 4X2 KAPAN?

Isuzu mu-X Hadir dengan Spek 4x4 Komersil, Versi 4x2 Kapan?

Isuzu mu-X di Indonesia hadir sebagai kendaraan kerja. Apakah versi 4x2 untuk masyarakat umum akan diperkenalkan? Ini jawaban IAMI.

Sabtu, 20 November 2021 10:15 Editor : Arendra Pranayaditya
Isuzu mu-X Hadir dengan Spek 4x4 Komersil, Versi 4x2 Kapan?
Isuzu mu-X di GIIAS 2021 (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

OTOSIA.COM - PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) belum lama ini meluncurkan kedua produk terbarunya, yakni Isuzu D-Max dan Isuzu mu-X. Kedua mobil itu dirilis pada waktu yang bersamaan di hari pertama Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021.

Yang menarik, Isuzu mu-X debut di Indonesia pada dasarnya melalui spek komersil. Mobil tersebut mendapatkan sistem penggerak roda 4x4, namun banyak dari fitur kenyamanan pada mobil itu tidak disematkan.

1 dari 4 Halaman

Sebagai contoh, setir dari All New Isuzu mu-X tidak dilengkapi tombol-tombol sama sekali. Bahkan Isuzu sendiri mendorong mobil ini diperuntukkan sebagai kendaraan komersil melalui penggunaan bull bar besar di depan dan lampu rotator di atapnya.

Lantas dengan fokus Isuzu tertuju pada kendaraan lapangan, apakah mu-X 4x2 dengan spesifikasi yang lebih mumpuni tidak akan hadir di Indonesia?

2 dari 4 Halaman

Penjualan SUV

Isuzu mu-X di Thailand (isuzu.co.th)

IAMI mengerti bahwa pasar SUV lebih laku di kelas 4x2. Menurut penjelasan Yohanes Pratama, Chief Operation PT Astra International Tbk - Isuzu Sales Operation, SUV 4x2 di Indonesia mendapatkan hasil penjualan lebih tinggi dibanding SUV 4x4, di kisaran 3:1.

Dengan informasi tersebut, IAMI mengetahui bahwa kelas SUV yang paling "menguntungkan" atau diincar saat ini berada di kelas 4x2.

"Segmen SUV 4x2 itu dalam satu bulan sekitar 3.000-3.500 unit. Kemudian segmen SUV 4x4 itu sebulan kira-kira 1.000-1.300 unit rata-rata. Kalau kita bicara kedua segmen SUV itu, yang paling 'seksi' tentunya segmen 4x2," ungkap Yohanes di acara jumpa pers belum lama ini.

3 dari 4 Halaman

4x2 Masuk Indonesia?

Ilustrasi peranti keselamatan Isuzu mu-X di Thailand (isuzu.co.th)

Isuzu Indonesia sendiri tentu mengetahui bahwa mu-X sudah lebih dulu diluncurkan di Thailand. Model yang ditawarkan di negeri gajah putih hadir dengan spesifikasi 4x2 dan disematkan fitur-fitur yang jauh lebih lengkap.

Kendati demikian, IAMI saat ini masih berfokus untuk menguasai pasar SUV komersil. Menurut mereka, Isuzu mu-X mempunyai pasarnya sendiri sebagai kendaraan kerja.

"Kita tahu di Thailand sudah keluar (terlebih dahulu) tahun lalu. Memang Isuzu mu-X di Thailand ada yang 4x2 dan 4x4. Dengan study tersebut, kami menyesuaikan dengan segmen di Indonesia hari ini," tuturnya.

4 dari 4 Halaman

Untuk hari dan tanggal peluncurannya, Yohanes belum bisa memberi jawaban. Ia bersama Isuzu akan melakukan riset terlebih dahulu, tentang spesifikasi apa yang sesuai dengan kebutuhan orang Indonesia.

"Apakah nanti akan masuk 4x2nya? Hari ini kita sedang study dan ditunggu saja tanggal mainnya," tutupnya.

BERI KOMENTAR