HOME » BERITA » ISUZU PANTHER HILANG DARI SITUS RESMI, INI SEBABNYA

Isuzu Panther Hilang dari Situs Resmi, Ini Sebabnya

Isuzu Indonesia akhirnya memberi keterangan terkait absennya Isuzu Panther dari situs resmi.

Rabu, 16 Desember 2020 17:00 Editor : Cornelius Candra
Isuzu Panther Hilang dari Situs Resmi, Ini Sebabnya
Isuzu Panther (Liputan6.com)

OTOSIA.COM - Situs resmi PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), isuzu-astra.com, sejak beberapa waktu lalu tak lagi memuat Isuzu Panther. Di kolom kendaraan penumpang kini hanya dihuni oleh SUV, Isuzu MU-X.

Hal ini pun memunculkan berbagai rumor, dan salah satu yang paling santer terdengar ialah Isuzu Panther tak lagi diproduksi dan dijual di Indonesia. Sebenarnya, isu tersebut sudah beredar sejak 2018 lalu.

1 dari 3 Halaman

Puti Annisa, Marketing Communiaction Dept. Head PT IAMI pun membenarkan bahwa pihaknya tak lagi mencatumkan Isuzu Panther di situs resmi. Meski demikian, ia mengaku bahwa mobil MPV berjuluk "Rajanya Diesel" itu masih dijual.

"Isuzu Panther masih kita jual. Tapi karena tidak ada hal yang baru lagi tentang Panther dan kami menganggap masyarakat sudah kenal Panther, jadi kami tidak lagi cantumkan di web," terang Puti saat dihubungi melalui pesan singkat sore tadi (16/12).

2 dari 3 Halaman

Memang, langkah Isuzu Panther di pasar otomotif Indonesia saat ini cukup berat. Sempat berkuasa di era 1990-an, mobil MPV itu sekarang harus berhadapan dengan regulasi emisi Euro 4 yang akan segera diterapkan di Tanah Air pada 2022 mendatang.

Pada awal 2020 lalu, Attias Asril, General Manager Marketing PT IAMI sempat menyebut bahwa pihaknya harus melakukan ubahan yang signifikan jika ingin Isuzu Panther tetap bertahan. Konsekuensinya jelas, harga medium MPV itu pasti lebih mahal dari generasi yang sekarang beredar.

3 dari 3 Halaman

"Kalau mau pasang engine baru itu bisa, tapi apakah mungkin tetap menggunakan muka lama? Mungkin konsumen tidak menerima itu," jelas Attias saat ditemui tim Otosia di gelaran GIICOMVEC 2020 pada Maret lalu.

Pertimbangan lain dari pihak IAMI adalah perubahan kondisi pasar otomotif di Indonesia. Selama beberapa tahun belakangan, segmen mobil MPV memang masih ramai peminat, hanya saja terjadi pergeseran ke kelas SUV.

BERI KOMENTAR