HOME » BERITA » ISUZU PERNAH PUNYA SEDAN SPORT BLASTERAN INGGRIS AMERIKA

Isuzu Pernah Punya Sedan Sport Blasteran Inggris Amerika

Isuzu Impulse RS sempat menjadi sedan sport yang diburu lantaran desain dan mesin yang unik.

Senin, 06 April 2020 09:15 Editor : Cornelius Candra
Isuzu Pernah Punya Sedan Sport Blasteran Inggris Amerika
Isuzu Impulse RS (Motortrend.com)

OTOSIA.COM - Isuzu saat ini dikenal sebagai pabrikan yang fokus di kendaraan niaga. Kini, mereka memiliki lebih banyak memasarkan mobil komersial dibandingkan MPV atau pun SUV di Indonesia, bahkan di kampung halamannya, Jepang.

Tapi, pada 1990-an, Isuzu ternyata pernah menjual sedan sporty bernama Isuzu Impulse RS, tepatnya dirilis tahun 1991. Menariknya, mobil ini terlahir berkat adanya campur tangan pabrikan asal Amerika Serikat, GM (General Motors) dan Lotus dari Inggris.

1 dari 2 Halaman

Pada Isuzu Impulse RS, GM berperan sebagai perancang desainnya. Karena itu, facia mobil sedan ini terbilang mirip dengan Chevrolet Camaro dengan sepasang lampu bulat dan berkerudung model pop-up.

Mengenai performa, Isuzu menggandeng Lotus dan mereka sepakat menyematkan mesin Lotus Elan M100. Dapur pacu berkonfigurasi 4-silinder inline 1.600 cc turbocharged itu mampu menghasilkan tenaga sebesar 160 hp dengan torsi 203 Nm dan disalurkan ke semua rodanya alias all-wheel drive (AWD).

2 dari 2 Halaman

Sayang, dapur pacu ini hanya bertahan 2 tahun. Pada tahun 1992, Isuzu Impulse RS dibekali mesin baru, 4-silinder inline 1.800 cc naturally-aspirated (NA) atau tanpa turbo. Bukannya naik, tenaganya justru turun menjadi 140 hp dan torsinya hanya 169 Nm.

Meski demikian, di era 1990-an, Isuzu Impulse RS sempat menjadi idola. Selain mesinnya yang mumpuni, mobil ini memiliki desain sporty lantaran terlahir sebagai sedan sport coupe 2 pintu.

BERI KOMENTAR