HOME » BERITA » JADI BASIS PRODUKSI GLOBAL, KAPAN YAMAHA INDONESIA BIKIN MOGE?

Jadi Basis Produksi Global, Kapan Yamaha Indonesia Bikin Moge?

Jadi basis produksi global YZF-R3 dan XMAX 300, Yamaha Indonesia belum berencana membuat moge berkapasitas 600cc ke atas.

Senin, 31 Agustus 2020 09:15 Editor : Nazarudin Ray
Jadi Basis Produksi Global, Kapan Yamaha Indonesia Bikin Moge?
Moge Yamaha MT-07 diimpor langsung dari Jepang (Yamaha)

OTOSIA.COM - Baru-baru ini PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) meluncurkan moge naked bike MT-07 dan MT-09. Kedua motor tersebut berstatus CBU Jepang. Masing-masing dibanderol Rp243 juta dan Rp290 juta on the road DKI Jakarta.

Kendati sudah menjadi salah satu negara basis produksi global Yamaha, YIMM belum mendapat lampu hijau dari prinsipal Yamaha Motors Corporation (YMC) untuk memproduksi motor berkapasitas 600cc ke atas, termasuk MT-07 dan MT-09.

Sejauh ini Yamaha Indonesia baru terbatas memproduksi motor hingga berkapasitas 300cc untuk pasar ekspor. YIMM belum berencana membuat big bike untuk pasar luar negeri seperti R25, XMAX 300, dan XMAX 250.

"Saat ini tidak ada rencana untuk memproduksi CBU (big bike) di Indonesia. Yamaha Indonesia adalah pabrikan global untuk XMAX 300, XMAX 250, YZF-R3, dan YZF R25," ujar Antonius Widiantoro, Manager Public Relation YIMM.

1 dari 2 Halaman

Deretan moge Yamaha yang dijual di Indonesia seperti R1, R6, dan MT Series, semuanya didatangkan dari langsung dari Jepang. Terkait dengan itu, Yamaha menyatakan bahwa CBU memiliki pasar tersendiri di Indonesia dan berencana mendatangkan moge lain ke Tanah Air.

"Kami mendengarkan masukan konsumen, kalau ada permintaan kami pasti akan mempertimbangkannya," tukas Anton seraya menyatakan bahwa penjualan CBU Yamaha merata di hampir seluruh kota besar di Indonesia.

2 dari 2 Halaman

Pasar premium bike terbilang kecil, tapi Yamaha optimis MT-07 dan MT-09 akan mendapatkan respon yang baik walaupun diperkenalkan dalam kondisi ekonomi menurun akibat pandemi COVID-19.

"CBU memiliki pasar tersendiri di Indonesia dan Yamaha berusaha untuk mewujudkan keinginan konsumen yang menginginkan produk CBU Yamaha. Kami ingin menciptakan dreams, excitement, enjoyment kepada konsumen melalui MT-Series. MT 09 dan MT 07 kami hadirkan untuk melengkapi MT Series yang sudah ada," pungkas Anton.

BERI KOMENTAR