HOME » BERITA » JAGA-JAGA DARI VIRUS CORONA, JANGAN MALAS BERSIHKAN JOK MOBIL

Jaga-jaga dari Virus Corona, Jangan Malas Bersihkan Jok Mobil

Menjaga kebersihan interior dan jok adalah wajib. Karena virus sangat rentan hinggap di media yang lembab atau berdebu.

Sabtu, 14 Maret 2020 16:15 Editor : Nazarudin Ray
Jaga-jaga dari Virus Corona, Jangan Malas Bersihkan Jok Mobil
Jok bagian dari interior wajib dibersihkan (Otosia.com/Nazar Ray)

OTOSIA.COM - Wabah virus corona membuat panik seluruh dunia, tidak terkecuali Indonesia. Apalagi laporan terkini, jumlah penderita corona di Indonesia bertambah menjadi 64 orang. Aksi bersih-bersih pun dilakukan, mulai dari tempat umum, ibadah, hingga bus kota.

Selain rumah, untuk meminimalisir virus bersemayan di dalam kendaraan, menjaga kebersihan interior mobil adalah langkah yang bijak. Salah satu yang mungkin bisa anda lakukan adalah dengan menjaga kebersihan jok mobil.

"Untuk mencegah penyebab penyakit bersarang di interior, yang pastinya rajin dibersihkan. Kalau jok, sebenarnya simple. Kalau sudah lama, dan berbau apalagi kusam, tidak ada salahnya ganti sarung lama dengan yang baru. Terutama yang masih midel fabric (kain) ke kulit," ujar Marketing & Promotion Total Synthetic Leather,Ade Hikmatullah.

1 dari 1 Halaman

Hal tersebut kata Ade berguna untuk menghindari media pengantar debu dan sarang virus menempel. Karena virus sangat rentan hinggap di media yang lembab atau berdebu.

"Karena bersifat menular dan mudah terhirup. Jangan malas membersihkan joknya meski sudah kulit," imbuhnya.

Menurut Ade jika membersihkan kulit tidak perlu menggunakan sabun. Cukup pakai lap dengan air hangat. Hal ini mengingat sintetik sudah memiliki coating yang kuat untuk memiminalisir virus masuk.

"Tapi sesekali boleh dengan disinfektan namun jangan berulang, khawatir iritasi. Tapi yang terpenting adalah lingkungan sekitar, ruang kabin, tempat menaruh barang, bagasi, karpet dan bagian penting seperti handle pintu, stir dan dashboard harus bersih. Nah buat jaga-jaga siapkan juga hand sanitizer di mobil," pungkasnya.

BERI KOMENTAR