HOME » BERITA » JAGA KONDISI BAN CADANGAN AGAR MUDIK TETAP AMAN

Jaga Kondisi Ban Cadangan Agar Mudik Tetap Aman

Jum'at, 11 Mei 2018 10:15 Editor : Ahmad Muzaki
Foto: Hafid

OTOSIA.COM - Mempersiapkan kendaraan untuk keperluan mudik Lebaran 2018 menjadi sebuah kewajiban. Hal ini akan mengurangi risiko terjadinya insiden di jalan, sehingga berkendara mudik menjadi lebih aman dan nyaman.

Tak terkecuali ban cadangan yang seringkali terlupakan pengendara. Benda wajib yang dimiliki kendaraan ini ternyata membutuhkan perlakuan yang sama dengan ban utama, sehingga dapat memberikan performa maksimal. Ban cadangan sendiri perlu dirotasi setiap 5 ribu kilometer. Tindakan tersebut bertujuan agar ban cadangan memiliki ketinggian yang sama dengan ban utama.

"Kalau ban cadangan tidak ikut dirotasi bersamaan dengan ban utama, nanti takutnya saat keempat ban yang digunakan sudah gundul, ban serepnya masih tinggi. Jadi tinggi sebelah kalau nanti di jalan darurat harus ganti ban. Ini kan pastinya sangat berbahaya, jelas Deni Arief Pribadi selaku Department Manager Training and Product Evaluation PT Bridgestone Tire Indonesia (BSIN) di Karawang, Rabu (08/05).

Perlu diketahui perlakuan di atas hanya ditujukan untuk ban cadangan yang berukuran sama dengan ban utama. Sedangkan ban cadangan berukuran lebih kecil tidak perlu dirotasi karena sudah disesuaikan ketinggiannya.

Terlepas dari perlakuan itu, menurut Deni yang terpenting adalah menjaga tekanan udara ban cadangan. Di mana pemeriksaan tekanan sebaiknya dilakukan setiap dua minggu sekali atau maksimal sebulan sekali.

"Tekanan angin pada ban secara alami akan berkurang sekitar 1 sampai 3 Psi setiap bulan. Sehingga kalau dibiarkan dalam waktu lama akan berdampak pada fisik ban. Hal ini tentunya berpengaruh juga pada ban cadangan," tutup Deni.

Reporter : Muhammad Hafid Asisi

(kpl/fid/ahm)

BERI KOMENTAR