HOME » BERITA » JAGA TRADISI, SEPASANG PENGANTIN DIGENDONG SAAT MELINTASI JEMBATAN DI JALAN PANTURA PEMALANG-TEGAL

Jaga Tradisi, Sepasang Pengantin Digendong saat Melintasi Jembatan di Jalan Pantura Pemalang-Tegal

Video sepasang pengantin digendong saat melintasi jembatan di Jalan Pantura Pemalang-Tegal

Kamis, 03 Juni 2021 19:15 Editor : Ahmad Muzaki
Jaga Tradisi, Sepasang Pengantin Digendong saat Melintasi Jembatan di Jalan Pantura Pemalang-Tegal
Pengantin digendong (Instagram/@ndorobeii)

OTOSIA.COM - Video tradisi pernikahan yang cukup unik di Tegal baru-baru ini menjadi sorotan netizen. Pasalnya sepasang pengantin tidak diperbolehkan menginjakkan kakinya di jembatan batas antar daerah dengan Pemalang.

Tradisi yang diungkapkan oleh Faza Ndr ini diunggah oleh akun Instagram @ndorobeii pada Kamis (3/6/2021).

"Tradisi kearifan lokal di Jalan Pantura Pemalang-Tegal. Sepasang pengantin tidak boleh menginjak kaki di Jembatan, Kenapa?," tulis @ndorobeii dalam keterangan video.

1 dari 5 Halaman

Sementara itu, diketahui jika tradisi ini masih terus dijaga oleh warga Tegal dan sekitarnya. Tradisi unik ini berlaku jika ada seseorang yang menikah dengan orang luar Tegal.

Pengantin tidak diperbolehkan menginjakkan kaki di jembatan batas daerah. Alhasil pengantin pria dan wanita harus digendong oleh pengiringnya.

2 dari 5 Halaman

Selain itu, rombongan pengantin akan membawa ayam. Kemudian unggas tersebut akan dibuang ke bawah jembatan.

"Hal itu rupanya dimaksudkan supaya pasangan pengantin yang meliwati jembatan tersebut hubunganya awet, namun jika hal itu tidak dilakukan, katanya bisa mendatangkan sial dan bisa membuat pasangan pengantin tidak langgeng," tulis @ndorobeii

3 dari 5 Halaman

Dari video yang diunggah pun, terlihat ada rombongan pengantin yang memenuhi pinggir jalan. Kemudian ada dua pria yang menggendong sepasang pengantin.

Selain itu, terlihat juga ada seorang ibu-ibu yang membawa tas kresek. Ia berulang kali melemparkan isinya, yakni serbuk kuning ke sepanjang jalan.

Setelah berhasil melewati jembatan, pasangan pengantin tadi juga dilempari serbuk berwarna kuning. Kemudian datang satu mobil untuk mengangkut pasangan pengantin tadi.

4 dari 5 Halaman

Video ini telah ditonton sebanyak 147.385 kali dan mendapatkan beragam komentar netizen. Namun banyak dari mereka yang malah menuliskan tanggapan kocak.

"Padahal kalau jeli lihat peluang bisa di bangun flying fox disitu, pasti laris. Apalagi bulan syawal gini...banyak orang nikah," tulis @saspradhika

"Naek mobil kan jg gak nginjak jembatan??" komentar @efit.prakoso

"Tradisi model ginian hrs trs djaga, tapi mungkin niatnya yang mesti diganti, karena rejeki dan maut itu udh diatur sama Yang Maha Kuasa..." jelas @iwan_m20

"Aku orang tegal tapi setauku ga di gendong kaya gini, setauku cuman ngelempar ayam/bebek tiap lewat jembatan doang itu juga jembatan2 tertentu doang," komentar @tiik35

"Nahhh klo pengantinnya big body gimana gendongnya," tulis @ratnasugiarto

5 dari 5 Halaman

 

 

BERI KOMENTAR