HOME » BERITA » JALAN DI CHINA BISA ISI ULANG BATERAI KENDARAAN LISTRIK SECARA ON-THE-GO

Jalan di China Bisa Isi Ulang Baterai Kendaraan Listrik Secara On-The-Go

Kendaraan listrik menjadi kendaraan masa depan, terlebih bagi masyarakat perkotaan. Teknologi untuk menunjangnya pun terus dikembangkan. Seperti jalan yang bisa melakukan pengisian ulang daya baterai kendaraan listrik di China.

Rabu, 18 April 2018 18:45 Editor : Dini Arining Tyas
Foto by Bloomberg

OTOSIA.COM - Jika di Indonesia, beberapa gedung perkantoran sudah dilengkapi dengan alat isi ulang daya untuk motor listrik, di beberapa negara lain penunjang kendaraan listrik diterapkan pada jalan raya.

Seperti di China misalnya. Diberitakan Bloomberg, bahwa jalanan otonom di China diaspal menggunakan panel tenaga surya, sensor-sensor, dan pengisian daya baterai listrik. Jalanan yang disebut dengan 'intelligent highway' ini adalah transformasi dari industri transportasi global.

Berdasarkan perusahaan yang membangun jalan ini, Qilu Transportation Development Group Co., mengatakan teknologi ini akan ditanamkan dibawah beton transparat yang dibangun pada 1.080 meter atau 3.540 kaki, sepanjang jalan di sisi timur kota Jinan. Setidaknya 45.000 kendaraan melintas di jalan ini setiap hari dan panel tenaga surya akan cukup untuk menjadi sumber penerangan jalan dan 800 rumah.

Pemerintah setempat mengatakan, 10 persen mobil harus mandiri sepenuhnya pada tahun 2030. Qilu mempertimbangkan kesempatan ini untuk memberikan perbaruan lalu lintas yang lebih akurat dan pengisian ulang secara on-the-go pada baterai kendaraan listrik, dengan menggunakan teknologi yang tertanam pada jalan raya.

Jalan ini akan dibangun dengan 3 lapisan vertikal, dengan material yang bisa menyerap sinar matahari. Lapisan teratas juga memiliki ruang untuk kabel pengisian ulang dan sensor yang memonitor temperatur, alur lalu lintas dan beban jalan.

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR