HOME » BERITA » INFO MUDIK 2019: JALUR MUDIK DAN ALTERNATIF DI JAWA

Info Mudik 2019: Jalur Mudik dan Alternatif di Jawa

Jalur mudik Lebaran 2019 yang akan dilewati para pemudik cukup banyak pilihannya. Bisa lewat jalur utama, jalur alternatif, serta tol mudik.

Senin, 13 Mei 2019 17:15 Editor : Ahmad Muzaki
Jalan Tol Cipali, Jawa Barat (Liputan6.com)

OTOSIA.COM - Mudik Lebaran 2019 pasti dinantikan, khususnya yang merantau ke kota orang. Budaya satu ini memang menjadi obat rindu, bisa berjumpa dengan keluarga besar, serta teman di hari spesial, yaitu Idul Fitri 2019.

Saat pulang kampung sendiri, Otolovers bisa menggunakan banyak moda transportasi pilihan. Baik angkutan umum, seperti bus atau kereta api. Jika tidak, bisa juga menggunakan pesawat atau kendaraan pribadi.

Mudik Idul Fitri 2019, diprediksi pemudik akan banyak menggunakan kendaraan pribadi. Hal ini lantaran mahalnya tiket pesawat, serta beroperasinya tol yang telah dibangun pemerintah, khususnya tol Trans Jawa. Namun jangan lupakan satu hal juga Otolovers, bisa juga ikut mudik gratis yang banyak diselenggarakan baik oleh perusahaan swasta atau BUMN.

Biasanya mudik gratis yang diadakan khusus untuk para pemudik sepeda motor. Tentunya ini bertujuan untuk mengurangi kecelakaan di jalan. Pasalnya sepeda motor memiliki tingkat resiko yang cukup tinggi terkait kecelakaan saat mudik lebaran 2019. Cedera yang mengintai pun juga cukup parah.

Apa Otolovers tertarik ikut mudik gratis? Bisa mendaftar mudik gratis secara online atau offline. Banyak BUMN yang menyelenggarakan mudik gratis, selain itu juga Dishub. Segera kunjungi laman resminya untuk mendaftar mudik gratis ini.

(Baca Juga: Cara Daftar Mudik Gratis Offline dan Online Terbaru 2019)

Jika Otolovers sudah tidak mendapat tempat di mudik gratis, secara terpaksa harus menggunakan angkutan umum atau dengan kendaraan pribadi. Namun tahukah Otolovers, kalau jalur mudik Lebaran 2019 yang akan dilewati para pemudik cukup banyak pilihannya. Bisa lewat jalur utama, jalur alternatif, serta tol mudik. Nah berikut ini jalur mudik Idul Fitri 2019 yang bisa Otolovers lewati.

Jalur Mudik Tol

Bagi yang menggunakan mobil pribadi untuk mudik 2019 bisa menggunakan tol mudik. Beberapa tahun ke belakang para pemudik lebih suka untuk melewati jalur tol mudik. Terlebih saat ini tol Trans Jawa sudah beroperasi secara penuh yang sudah siap untuk menyambut mudik Lebaran 2019. Sedangkan untuk rutenya sendiri sejauh 965 km mulai dari Merak hingga Probolinggo.

Mudik Idul Fitri 2019 lewat jalan tol memang terbilang nyaman. Dengan kondisi jalan yang cukup baik, serta minimnya hambatan yang ada, tentu hal ini tidak akan begitu menguras tenaga. Beda halnya apabila lewat jalan Nasional yang harus ekstra waspada, terkadang beberapa orang atau pengguna sepeda motor yang menyabrang tiba-tiba.

Terkait mudik lewat tol Trans Jawa, apa Otolovers sudah tahu tarif jalan tol di Jawa atau tol Trans Jawa? Berikut infografisnya atau cek tarif lengkapnyadi sini.

Karena minat mudik lewat tol mudik cukup tinggi, sehingga kerap terjadi kemacetan hingga belasan kilometer, terutama di gerbang tol, maka siapkan fisik ya Otolovers.

Jalur Mudik Pantura 2019

Selain tol mudik, jalur mudik Jawa 2019 juga memiliki jalur utama, yaitu jalur mudik Pantura 2019, jalur mudik tengah Jawa, serta jalur mudik selatan Jawa. Tiga jalur ini tentunya diharapkan bisa memecah kemacetan yang ada di tol mudik.

Pilihan jalur mudik 2019 yang cukup banyak ini cukup memudahkan para pemudik. Apalagi ketiganya juga menjadi jalur mudik motor 2019 yang kerap diandalkan selain jalur mudik alternatif.

Bagi Otolovers yang melewati jalur mudik Pantura 2019 bisa dilintasi dari Serang, Banten, hingga Banyuwangi. Sedangkan untuk total panjang jalur mudik Pantura 2019 mencapai 1.341 km.

Jalur mudik Pantura 2019 kerap menjadi ladang macet. Oleh karena itu bagi pemudik yang lewat jalu mudik Jawa 2019 ini untuk siapkan kondisi tubuh dan kendaraan semaksimal mungkin. Jika sudah merasa lelah, bisa istirahat sejenak di rest area, meski hanya sekadar tidur-tiduran. Jika pun tidak Otolovers juga bisa mengunjungi tempat wisata di sepanjang jalur Pantura.

Beberapa destinasi wisata andalan bakal Otolovers lewati nantinya. Tak ada salahnya jika singgah sebentar atau bermalam di beberapa tempat wisata tersebut. Terkadang tempat-tempat wisata tersebut juga menyediakan tempat menginap. Ketahui destinasi wisata tersebut dengan klik tautan ini.

Jalur Mudik Tengah Jawa

Selain jalur mudik Pantura, masih ada jalur mudik tengah Jawa yang bisa dimanfaatkan para pemudik. Sama seperti Pantura, jalur mudik tengah Jawa ini juga kerap terjadi kemacetan. Namun dengan adanya tol Trans Jawa tentu kemacetan yang ada tidak akan begitu parah seperti tahun-tahun sebelumnya.

Ini juga bisa menjadi pilihan jalur mudik motor 2019 yang bisa dilewati pemudik. Untuk rutenya sendiri jalur mudik tengah Jawa dapat ditempuh dari Bandung-Yogyakarta-Solo-Ngawi-Kertosono-Surabaya. Sedangkan untuk panjangnya mencapai 1.197 km.

Bagi yang akan mudik ke wilayah tengah Jawa tentu jalur mudik 2019 ini merupakan solusi terbaik. Daerah seperti Bandung, Solo, Ngawi, dan Nganjuk akan lebih mudah dicapai dari jalur mudik tengah Jawa ini.

Jalur Mudik Selatan Jawa

Selain lewat tol mudik serta dua jalur mudik tadi, Otolovers masih bisa lewat jalur mudik selatan Jawa. Jalur ini patut Otolovers coba, pasalnya memiliki pemandangan yang indah serta jalannya yang relatif sepi.

Sedangkan untuk rute jalur mudik Jawa 2019 via selatan ini bisa ditempuh dari Banten-Sukabumi-Yogyakarta-Gunung Kidul-Pacitan-Ponorogo-Tulungagung-Banyuwangi. Sedangkan untuk total jaraknya mencapai 1.405 km.

Terkait pemandangan indah tadi, tentunya jalur mudik selatan Jawa ini memiliki beberapa tempat wisata yang bisa disinggahi. Salah satu rutenya saja melewati Gunung Kidul, sudah tahukan ada destinasi wisata apa di sana?.

Destinasi wisata ini bisa menjadi tempat singgah sebentar untuk memulihkan tenaga. Yang terpenting jangan sampai memaksakan kondisi tubuh ya Otolovers, karena resikonya cukup berbahaya.

(Baca juga: 20 Tempat Wisata di Sepanjang Jalur Pansela)

Jalur Mudik Alternatif

Terkadang saat mudik kita perlu mengetahui jalur mudik alternatif. Hal ini lantaran untuk menghindari kemacetan panjang yang bisa saja terjadi di jalur Nasional atau jalan tol. Cukup banyak jalur mudik alternatif yang bisa dilalui pemudik dari Banten hingga Jawa Timur.

Jika sedang menghindari kemacetan dari arah Nagrek, Otolovers bisa lewat Garut kemudian masuk ke Singaparna. Lalu untuk jalur mudik alternatif kawasan Pantura bisa lewat Purwakarta, kemudian memasuki jalan sebelum Subang. Kemudian tinggal ikuti jalan yang ada dan langsung memasuki daerah Indramayu.

Otolovers ada yang lewat Bumiayu? Jalur mudik alternatifnya dari arah Slawi arahkan kendaraan ke Pejagan, kemudian ke Comal dan Banjarnegara. Atau bisa juga keluar di Pemalang kemudian ke Comal dan Purbalingga.

Kemudian jika dari arah Salatiga Otolovers bisa lewat Gemplong atau lewat jalur mudik alternatif melalui tol fungsional yang ke arah Ngawi. Sebenarnya masih banyak lagi jalur mudik alternatif yang bisa Otolovers manfaatkan. Dengan adanya teknologi map, tentunya mencari jalur mudik alternatif sangatlah mudah. Namun pastikan juga memilih jalur yang benar dan bisa dilalui oleh kendaraan pribadi Otolovers.

Video Mudik Lebaran

Jalur mudik Nagrek kerap menjadi simpul kemacetan. Karena itu pihak Kepolisian mengecek jalur tersebut dan ditemukan masih banyaknya jalan berlubang. Kedepannya pihak Kepolisian akan berkordinasi dengan PUPR agar jalan berlubang tersebut segera ditambal. Berikut video lengkapnya.

(kpl/ahm)

BERI KOMENTAR