HOME » BERITA » GARA-GARA MANUAL BOOK, GARANSI KENDARAAN BISA DITOLAK

Gara-gara Manual Book, Garansi Kendaraan Bisa Ditolak

Buku pedoman seringkali diabaikan pemilik mobil. Padahal banyak hal penting tentang kendaraan di manual book yang perlu diketahui.

Rabu, 22 Juli 2020 13:15 Editor : Nazarudin Ray
Gara-gara Manual Book, Garansi Kendaraan Bisa Ditolak
Manual book wajib dibaca pemilik kendaraan (Istimewa)

OTOSIA.COM - Usai membeli mobil baru salah satu hal yang seringkali diabaikan adalah manual book atau buku panduan kendaraan. Bahkan buku manual kerap ditaruh di sembarang tempat, sehingga pemiliknya lupa dimana ia menyimpannya.

Padahal, buku manual yang berisi pedoman penting dari sebuah kendaraan. memiliki banyak informasi mulai dari perawatan, garansi, hingga tata cara penggunaan fitur-fitur di dalam mobil tertulis begitu jelas.

Dengan buku pedoman pemilik mobil tidak akan bingung ketika menemui kendala di jalan. Pasalnya, pemilik atau pengemudi tidak mendapatkan jalan keluar yang baik untuk memperbaiki kendaraannya, meski hal tersebut dapat diatasi jika dimulai dari membaca buku manual.

"Tidak bisa dipungkiri sebagian besar pemilik kendaraan suka mengabaikan Manual Book. Maka tidak jarang jika ketidaktahuan itu berujung pada kasus garansi yang ditolak akibat salah penggunaan," ungkap Samsudin, Aftersales Support Astra Peugeot.

1 dari 2 Halaman

Panel instrumen

Mengapa buku panduan begitu penting. Sebab menurut Samsudin, ada beberapa hal yang harus diketahui pemilik pada kendaraannya. Misalnya bagaimana cara mengoperasikan instrumen dan alat pada setiap bagian mobil.

"Bagian ini sebaiknya menjadi kewajiban untuk dibaca karena berkaitan dengan fitur, instrumen panel, lampu, transmisi hingga aksesoris," katanya.

Selain itu ada informasi saat isi bensin atau membuka kap mesin. Karena tidak membaca buku manual akhirnya pengemudi bingung dan sangat merepotkan. Ia pun mencontohkan pada Peugeot 3008 & 5008 Alure Plus, tutup tangkinya tinggal ditekan untuk membukanya.

"Begitupun dengan saat pengoperasian tuas pembuka kap mesin. Letak posisi tuas kap mesin tetap berada di sebelah kiri. Tepatnya di bagian depan rumah pintu depan sebelah kiri," jelasnya.

Ada pula informasi sinyal lampu indikator menyala pada instrumen panel. Pengemudi tidak akan panik jika tahu apa permasalahannya. Sebab di buku manual berisi tata cara yang harus dilakukan sebelum menjalankan mobil.

"Jika tidak terlalu parah khusus di mobil Peugeot biasanya masih bisa digunakan sampai lokasi bengkel resmi terdekat. Tentu dengan kecepatan yang dibatasi oleh progam di ECU," ujarnya.

2 dari 2 Halaman

Daftar isi dan kondisi darurat

Sebenarnya tidak sulit mencari bagian yang ingin diketahui pemilik kendaraan. Karena pada buku manual terdapat indeks atau daftar isi. Daftar isi biasanya terdapat beberapa informasi penting seputar pengenalan kendaraan, pengoperasian dan pengendaraan, trouble shooting, dan juga perawatan. 

Buku manual juga berisi informasi singkat tentang kendaraan. Sebagai contoh letak nomor identitas mobil, baik nomor rangka atau sasis serta nomor mesin.

Selain posisi juga tertera informasi seputar arti dari kode nomor tersebut. Biasanya info ini dipakai saat kendaraan akan perpanjangan surat kendaraan 5 tahunan.

Bahkan dalam kondisi darurat seperti ban bocor petunjuknya ada di buku manual, sehingga tidak perlu panik. Pasalnya langkah-langkah dalam keadaan darurat juga tercantum dalam buku manual.

"Seperti titik atau bagian mana tempat untuk menaruh dongkrak, serta cara mengganti ban utama dengan ban cadangan," paparnya.

Informasi lainnya yang tertera adalah perawatan ringan. Jadi pemilik kendaraan tidak perlu ragu lagi untuk menambah oli, cairan pendingin di radiator, atau air wiper.

"Begitu juga saat ada lampu mobil yang mati, bisa diganti sendiri tanpa harus ke bengkel resmi karena dijelaskan cara mengganti lampu yang benar," pungkasnya.

BERI KOMENTAR