HOME » BERITA » JANGAN ASAL GEBER, RIDER MOGE PEMULA PERLU TAHU INI

Jangan Asal Geber, Rider Moge Pemula Perlu Tahu Ini

Sebagai pemula disarankan untuk menggunakan motr dengan kapasitas 500 - 600 cc. Jika sudah terbiasa melakukan perjalanan sehari-hari di perkotaan atau city riding,lakukanlah touring jarak menengah.

Selasa, 08 Mei 2018 20:15 Editor : Dini Arining Tyas
Foto by Istimewa

OTOSIA.COM - Pesona motor gede atau moge memang susah untuk ditolak. Tapi mengendarai motor gede pun tak semudah motor biasanya.

Selain itu, bobotnya yang berat dan bodinya yang besar juga sepertinya tak mudah. Apalagi jika postur tubuh kita yang terbilang kecil.

Dikutip dari situs resmi Astra Honda, sebagai pemula disarankan untuk menggunakan motr dengan kapasitas 500 - 600 cc. Jika sudah terbiasa melakukan perjalanan sehari-hari di perkotaan atau city riding,lakukanlah touring jarak menengah.

Umumnya, jika rider sudah menguasai handling motor 500 cc maka saat menggunakan motor berkapasitas lebih dari 1.000 cc bukan masalah lagi.

Jika merasa sudah mampu, ada baiknya tidak kepedean langsung ikut touring jarak jauh. Tingkatkan kemampuan dan biasakan diri dengan gaya berkendara serta karakter motor besar terlebih dulu.

Berapa waktu yang ideal untuk ikut touring jarak jauh? Pembiasaan dengan moge, minimal 1 hingga 2 bulan sebelum memulai touring jarak jauh.

Sehingga, tak hanya terbiasa dengan body dan karakter, otolovers juga bisa memahami kondisi moge. Misalnya, suhu mesin motor yang juga berbeda dengan motor kecil.

Saat mengendarai moge juga perhatikan riding position ya. Karena hal ini akan memengaruhi gaya membelok.

Untuk jenis chopper macam NM4 Vultus yang memiliki setang yang tinggi, tidak cocok menggunakan gaya ala motoGP saat berbelok.

Berbeda jika moge yang digunakan bertipe sport seperti Honda CBR1000RR. Posisi duduk yang membungkuk membuat mudah memiringkan moge serta feeling berkendara akan lebih terasa.

Gunakan kekuatan otot tangan untuk membelokkan moge yang memang berat dan latihlah kelenturan tangan untuk membelokkan setang sebuah moge.

Saat menikung menggunakan moge dengan kecepatan sedang ke atas, usahakan pinggang dimiringkan mengikuti arah tikungan. Tentu saja agar moge dapat diajak sedikit rebah sehingga dapat dengan santai melewati tikungan.

Terakhir, safety riding tools jangan tertinggal ya. Seperti jaket, helm, sarung tangan, pelindung siku dan lutut, saat berkendara.

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR