HOME » BERITA » JANGAN ASAL PASANG ROOF RACK UNTUK MUDIK

Jangan Asal pasang Roof Rack untuk Mudik

Fungsi roof rack pada mobil akan sangat berguna untuk keperluan mudik. Komponen tambahan yang dipasang di atap mobil ini mengizinkan pengendara membawa lebih banyak barang.

Sabtu, 19 Mei 2018 09:15 Editor : Dini Arining Tyas
Foto Ilustrasi/Discoverchrysalis

OTOSIA.COM - Fungsi roof rack pada mobil akan sangat berguna untuk keperluan mudik. Komponen tambahan yang dipasang di atap mobil ini mengizinkan pengendara membawa lebih banyak barang.

Roof rack sendiri sudah banyak dijual di pasaran dengan berbagai ukuran. Lantas bagaimana cara memilih dan menggunakan roof rack yang tepat?

Menurut Robby Prakoso selaku penggiat safety driving di Indonesia, dalam penggunaan roof rack, pengendara harus memperhatikan beberapa aspek. Hal ini penting agar nantinya pengaplikasian roof rack tak menimbulkan masalah, apalagi ketika dibawa mudik.

"Mesti dipertimbangkan dari sisi konstruksi dan beban maksimum yang dapat diangkut kendaraan. Karena atap akan menanggung beban statis dan juga dinamis," jelas Robby kepada Otosia, Jumat (18/05).

Dalam memilih roof rack, menurut Robby ada baiknya menggunakan standar yang telah tersedia dari pabrikan. Namun, apabila harus membeli dari pihak ketiga, terdapat ukuran ideal yang harus diikuti. Selain itu, pengendara juga perlu memperhatikan dimensi kendaraannya.

"Untuk dimensi roof box, ideal dengan ketinggian maksimal 50 cm dan lebar maksimal 100 cm. Serta disesuaikan dengan dimensi kendaraan," jelas Robby.

Meski bersifat opsional, roof rack sendiri dapat menjadi komponen yang esensial. Pasalnya, saat ini cukup banyak pengendara yang nekat meletakkan barang bawaan di atap mobil, yang kemudian diikat seadanya. Padahal tindakan tersebut sangatlah berbahaya.

"Lebih baik pakai roof rack ketimbang meletakkan barang langsung di atap. Sangat tidak disarankan, karena barang akan langsung menempel ke atap dan memungkinkan terjadi pergeseran barang yang akan membahayakan keselamatan. Tak hanya diri sendiri namun penggunna jalan lain," tutup Robby.

(kpl/fid/tys)

BERI KOMENTAR