HOME » BERITA » JANGAN ASAL PASANG SPOILER JIKA TAK INGIN MOBIL JADI BOROS BENSIN

Jangan Asal Pasang Spoiler Jika Tak Ingin Mobil Jadi Boros Bensin

Mobil yang memiliki spoiler memang terlihat lebih sporty. Tak heran jika banyak pemilik mobil yang ingin menambahkan spoiler untuk mobilnya.

Selasa, 25 Desember 2018 18:15 Editor : Dini Arining Tyas
Ilustrasi spoiler mobil sedan (Carfax.com)

OTOSIA.COM - Mobil yang memiliki spoiler memang terlihat lebih sporty. Tak heran jika banyak pemilik mobil yang ingin menambahkan spoiler untuk mobilnya.

Spoiler pun kini mudah dicari. Beberapa pabrikan mobil juga mengembangkan. Bahkan spoiler juga sudah jadi barang aftermarket.

Selain menambah estetika mobil, spoiler juga bisa menunjang performa. Komponen ini bisa memengaruhi aerodinamika mobil. Saat dipakai ngebut alias kecepatan tinggi, spoiler akan menambah downforce atau tekanan ke bawah dan mengurangi gaya angkat, sehingga mobil masih bisa stabil.

Selain itu juga bisa meningkatkan pengendalian mobil. Hal ini berkaitan dengan meningkatnya efek aerodinamis yang mempertahankan roda untuk tetap menempel di jalan.

Tapi memasangnya ternyata tidak bisa sembarangan. Sebab, spoiler masih belum tentu memiliki fungsi yang sama dengan desain mobil yang asli memiliki sopiler dari pabrik.

Apalagi jika memasangnya dengan cara yang salah. Seperti mengutip laman resmi Nissan Indonesia, risikonya lumayan tak menguntungkan.

Jika salah memasang spoiler, maka akan menjadi beban bagi mobil sehingga konsumsi bahan bakar jadi lebih besar. Maka itu, pastikan untuk memasang spoiler secara baik dan benar di tempat yang terpercaya.

Spoiler biasa dipasang di bagian belakang mobil. Untuk mobil sedan, biasanya spoiler ditempelkan di atas pintu bagasi. Sedangkan untuk mobil yang tidak memiliki pintu bagasi belakang, atau jenis hatchback, biasanya diletakkan di atap belakang atau berada tepat di atas kaca belakang.

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR