HOME » BERITA » JANGAN ASAL REM DI JALANAN MENURUN SAAT PAKAI MOTOR MATIK, BEGINI TIPSNYA

Jangan Asal Rem di Jalanan Menurun saat Pakai Motor Matik, Begini Tipsnya

Populasi sepeda motor matik di jalanan Indonesia semakin banyak. Motor jenis inipun semakin digandrungi konsumen.

Minggu, 20 Januari 2019 17:15 Editor : Dini Arining Tyas
Ilustrasi berkendara motor matik di jalanan menurun (Bennets Insurance)

OTOSIA.COM - Populasi sepeda motor matik di jalanan Indonesia semakin banyak. Motor jenis inipun semakin digandrungi konsumen.

Jelas. Mengendarainya hanya perlu mengegas dan mengerem, tanpa perlu memindahkan gigi transmisi.

Meski terdengar mudah, tapi sebenarnya mudah-mudah gampang juga. Apalagi saat melewati jalanan menurun, perlu skill tersendiri.

Seperti mengutip laman resmi Suzuki, sebab pengereman sepeda motor matik berbeda dengen sepeeda motor biasa. Maka mengeremnya pun tak bisa sembarangan.

Jika salah, bisa-bisa pengendara justru terjatuh bersama kendaraannya. Agar aman, coba ikuti tips berikut.

1. Gas jangan dikosongkan

Sepeda motor matik punya persneling otomatis. Jika gas dikosongkan artinya persneling juga kososng, dan bisa menyebabkan laju motor menjadi tak terkendali.

Maka saat melewati jalan menurun, cukup kurangi saja gas tapi jangan sampai kosong. Setidaknya, pertahankan kecepatan 5-10 kpj.

2. Posisikan empatjari di masing-masing handle rem

Sementara empat jari harus bersiap di handle rep, jempol harus tetap berada di grip gas utnuk mengatur laju gas motor matik. Cengkeram handle rem secukupnya, jangan terlalu dalam agar rem tidak terlal mencengkeram, dan malah bisa membaut motor kehilangan kestabilannya.

3. Prioritaskan rem depan dibanging rem belakang

Dengan menggunakan rem depan, motor bisa menahan daya dorong ke depan yang memang lebih besar dayanya ketika melintasi jalan yang menurun. Sedangkan rem belakang berfungsi sebagai penyeimbang saja.

4. Jangan lepas handle rems ebelum lewati jalan turunan

Meleas rem di saat belum selesai melewati jalan turunan bisa mengakibatkan laju motor menjadi tak terkendali dan risiko seperti jatuh atau menabrak kendaraan lain di depan menjadi lebih besar.

5. Gunakan kaki untuk menyeimbangkan

Saat melewati jalanan menurun yang tajam dalam kondisi padat lalu lintas, fungsi kaki sangat penting untuk menopang dan menyeimbangkan motor saat harus sering berhenti.

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR