HOME » BERITA » JANGAN COBA-COBA PAKAI BENSIN UNTUK MOBIL DIESEL ATAU SEBALIKNYA

Jangan Coba-Coba Pakai Bensin untuk Mobil Diesel atau Sebaliknya

Mesin diesel tak bisa menggunakan bensin, begitu pula dengan mesin bensin tak bisa menggunakan solar. Berikut penjelasan mengapa hal itu tak bisa dilakukan.

Selasa, 14 Juli 2020 12:15 Editor : Dini Arining Tyas
Jangan Coba-Coba Pakai Bensin untuk Mobil Diesel atau Sebaliknya
Bahan bakar mesin diesel (Liputan6.com)

OTOSIA.COM - Mobil dengan mesin diesel atau bensin, menggunakan jenis bahan bakar minyak berbeda. Mesin diesel menggunakan solar sedangkan mesin bensin menggunakan bensin.

Jika dalam kondisi paling mendesak sekalipun, jangan pernah mencoba untuk menukar penggunaan jenis bahan bakar itu. Memang apa jadinya jika memakai bahan bakar yang tidak sesuai?

Dilansir dari Liputan6.com, Tuner Garden Speed sekaligus pemerhati teknologi kendaraan, Taqwa Surya Swasono menuebut kesalahan menggunakan bahan bakar sangat berbahaya bagi kendaraan.

"Kalau ada mesin empat tak terlanjur isi bahan bakar diesel, selama belum menyala mesinnya tak ada pengaruhnya. Begitu pula sebaliknya. Karena itu harus buru-buru dikuras. Tapi kalau sudah menyala tentu memberikan kerusakan pada mesin," katanya kepada Liputan6.com.

1 dari 1 Halaman

Saat disinggung mesin mana yang lebih parah mengalami kerusakan apabila tertukar bahan bakar, Taqwa menegaskan, mesin diesel.

"Kalau sama-sama sudah hidup mana yang lebih berat. Kita anggap saja hidupnya sama, yang lebih berat itu kalau mesin diesel terisi bensin," ujarnya.

Untuk kerusakan yang dihadapi, Taqwa menegaskan setiap model mobil pasti memiliki kerusakan mesin yang berbeda. Hal itu dikarenakan teknologi yang diusung setiap pabrikan juga berbeda.

"Enggak bisa dipukul rata ya, tergantung spesifikasi mesinnya. 10 tahun terakhir itu perkembangan mesin luar biasa, jadi enggak ada jawaban singkat," tuturnya.

BERI KOMENTAR