HOME » BERITA » JANGAN KEBURU KESAL SAAT KREDIT KENDARAAN DITOLAK, COBA CEK ALASANNYA

Jangan Keburu Kesal saat Kredit Kendaraan Ditolak, Coba Cek Alasannya

Rabu, 30 Mei 2018 21:45 Editor : Dini Arining Tyas
Foto ilustrasi by AHM

OTOSIA.COM - Untuk bisa memiliki kendaraan, masyarakat bisa membelinya secara cash atau kredit. Cara kredit saat ini sudah semakin mudah dengan adanya pihak ketiga yang membantu pembiayaan.

Namun sebelumnya, calon pembeli harus mengajukan kreditnya terlebih dahulu. Bisa jadi diterima, bisa jadi ditolak.

Jelas, saat ditolak akan merasa kesal. Tak sedikit yang mengungkapkan kekesalannya kepada dealer.

Padahal, pengajuan kredit disetujui atau tidaknya tergantung pihak leasing selaku penyedia fasilitas kredit.

Melalui situs resminya, Honda Cengkareng mencoba memberikan alasan utama mengapa pengajuan kredit motor ditolak. Simak alasannya di bawah ini :

1. Blacklist Perusahaan Leasing

Bisa jadi, nama Anda di-blacklist perusahan leasing apabila pernah disetujui pengambilan kredit motor dan memiliki catatan pembayaran yang buruk (dari telat membayar hingga berhenti membayar dan motor ditarik perusahaan leasing).

Apabila nama Anda telah di-blaclist maka akan sulit kembali mengambil kredit motor. Disarankan untuk membayar angsuran tepat waktunya dan jangan mengambil kredit motor apabila merasa sulit untuk menyanggupi kewajiban setiap bulannya.

2. Penghasilan Belum Cukup

Sebelum mengajukan kredit sebaiknya menghitung dana yang masuk perbulan dibandingkan degan pengeluaran setiap bulan untuk kebutuhan primer.

Setiap pengajuan kredit, ada team analyst yang akan menghitung perndapat dan pengeluaran Anda. Apabila team analyst melihat bahwa pendapatan hanya pas-pasan (dalam artian hampir sama dengan pengeluaran anda per bulannya) maka pengajuan kredit motor bisa ditolak.

3. Persyaratan Tidak Lengkap

Data pokok yang diperlukan untuk mengajukan kredit adalah foto copy KTP dan Kartu Keluarga.

Pada kondisi tertentu terkadang diminta untuk melengkapi data tambahan seperti misalnya surat keterangan domisili, surat bukti kepemilikan rumah, surat keterangan kerja, surat keterangan cerai atau surat keterangan kematian. Apabila anda tidak dapat menunjukkan data yang diminta maka pengajuan kredit Anda bisa ditolak.

Mohon diperhatikan, bahwa dalam kondisi normal tidak diperlukan data tambahan ini. Apabila dibutuhkan pun biasanya haya 1-2 dokumen tambahan yang diperlukan (tidak semuanya).

4. Tidak Kooperatif

Ada beberapa definisi dan tidak kooperatif yang kami jelaskan dibawah ini. Konsumen tidak memberikan informasi data diri Anda dengan benar. Apabila pada saat survey tidak memberikan informasi data diri dengan benar maka tidak menutup kemunkinan pengajuan kredit anda ditolak.

Sebaiknya, pada saat survey Anda memberikan informasi dengan jelas dan benar. Konsumen tidak mau bekerja sama dalam proses survey, Banyak pengajuan kredit yang ditolak karena pihak konsumen memiliki sikap dan perilaku kurang baik pada saat disurvey.

Selain itu, konsumen tidak mingijinkan pihak surveyor untuk masuk ke dalam rumah pada proses survey.

Sumber: Liputan6.com

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR