HOME » BERITA » JANGAN LUPAKAN 3 HAL INI SAAT NAIK MOTOR DI MUSIM HUJAN

Jangan Lupakan 3 Hal Ini saat Naik Motor di Musim Hujan

Ketika naik motor saat hujan ada tiga hal yang tidak boleh luput dari perhatian. Ketiganya adalah kesiapan pengendara, motor, dan antisipasi lingkungan.

Selasa, 01 Desember 2020 14:15 Editor : Nazarudin Ray
Jangan Lupakan 3 Hal Ini saat Naik Motor di Musim Hujan
Ilustrasi pemotor melewati genangan air saat hujan (Otosia.com/Nazar Ray)

OTOSIA.COM - Berbeda dengan mobil, sepeda motor memiliki risiko tinggi untuk tergelincir saat berkendara di musim hujan. Pengendara motor pun harus ekstra waspada saat melaju di jalan basah.

Menurut Antonius Widiantoro, Manager Public Relations, YRA & Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), setidaknya ada tiga hal yang harus diperhatikan, yakni pengendara motor itu sendiri dan lingkungan.

1 dari 5 Halaman

Untuk pengendara, yang pasti menyiapkan jas hujan model training (terpisah atasan dan celana) serta berwarna cerah agar mudah terlihat oleh pengendara lain.

Usahakan di saat pandangan mata atau visilitas terbatas, gunakan helm yang berkaca bening. "Pakai visor bening karena saat hujan memungkinkan visor helm berkabut sehingga mengganggu fokus saat berkendara," imbuhnya.

2 dari 5 Halaman

Lalu gunakan sepatu anti air atau karet, tidak disarankan menggunakan sandal agar perlindungan kaki lebih maksimal.

Pun begitu ketika melakukan pengereman. Hindari melakukan pengereman secara mendadak dan keras karena saat kondisi hujan cengkeraman ban ke jalan berkurang. Kemudian jaga jarak aman dengan kendaraan di sekitar karena saat hujan membutuhkan jarak pengereman yang lebih panjang.

"Disarankan menggunakan perlengkapan berkendara yang berwarna terang agar mudah terlihat oleh pengendara lain sehingga ikut mendukung keselamatan berkendara," tukasnya.

3 dari 5 Halaman

Kedua yang harus diperhatikan adalah kondisi sepeda motor. Gantilah ban yang sudah gundul dengan ban baru. Perhatikan juga tekanan angin yang direkomendasikan agar tidak mudah slip.

Anton mengingatkan, area penting jangan dibiarkan terbuka seperti saringan udara atau area CVT. Ini bertujuan agar motor tidak mudah mogok atau rusak.

"Pastikan juga semua lampu dalam keadaan baik, baik lampu depan, sein, rem, dan senja, agar mudah terlihat oleh pengendara lain karena cuaca gelap membuat pencahayaan berkurang," imbuhnya.

4 dari 5 Halaman

Ketiga yang perlu mendapat perhatian adalah lingkungan atau cuaca. Kenalilah rute atau jalan yang akan dilalui. Misalnya apakah jalan yang akan dilewati rusak, berlubang, atau kerap tergenang air. Ini perlu agar pengendara terhindar dari potensi bahaya saat melewati area tersebut.

Jika terdapat genangan air yang cukup tinggi disarankan tidak memaksa untuk melewati atau menerobos, karena akan mengganggu kinerja mesin motor.

"Jika hujan lebat dan mengganggu jarak pandang sebaiknya menepi di jalur yang aman dan tetap mematuhi rambu-rambu yang ada. Jika kondisi sudah gerimis sebaiknya menggunakan jas hujan jangan menunggu hujan deras," paparnya.

5 dari 5 Halaman

Ketika menghindari hujan dan ingin memakai jas hujan, jangan mendadak jika ingin menepi, karena berisiko besar tertabrak kendaraan lain dari belakang.

"Pentingnya selalu menjalankan safety riding kala berkendara termasuk dalam kondisi hujan wajib diterapkan pengguna sepeda motor. Dengan begitu tidak hanya menjaga keselamatan diri sendiri tapi juga pengendara lainnya," pungkasnya.

BERI KOMENTAR