HOME » BERITA » JANGAN LUPAKAN WIPER DAN WASHER, JIKA MUDIK INGIN NYAMAN

Jangan Lupakan Wiper dan Washer, Jika Mudik Ingin Nyaman

Fungi wiper dan washer pada kendaraan sangatlah penting untuk membantu menjaga visibilitas pengendara. Kedua komponen tersebut harus diperhatikan, apalagi jika Anda berencana melakukan mudik dengan menggunakan kendaraan roda empat.

Sabtu, 19 Mei 2018 09:45 Editor : Ahmad Muzaki
Foto by Zwgearbox

OTOSIA.COM - Fungi wiper dan washer pada kendaraan sangatlah penting untuk membantu menjaga visibilitas pengendara. Kedua komponen tersebut harus diperhatikan, apalagi jika Anda berencana melakukan mudik dengan menggunakan kendaraan roda empat.

Menurut Robby Prakoso selaku penggiat safety driving di Indonesia, sebelum berkendara ada baiknya memeriksa fungsi dan kualitas wiper beserta washer. Untuk pemeriksaan wiper terbilang cukup mudah, yaitu dengan membersihkannya terlebih dahulu kemudian dioperasikan. Apabila wiper tidak menyapu kaca dengan optimal, sebaiknya lakukan penggantian komponen.

Sedangkan untuk washer, periksa fungsi semprotnya bekerja dengan baik dan memilih cairan yang tepat. Air menjadi opsi terbaik untuk digunakan dalam washer. Pastikan untuk menggunakan air bersih dan tidak dicampurkan dengan sabun.

"Jika menggunakan sabun biasanya mengandung deterjen yang akan menempel di permukaan kalau sudah mengering," jelas Robby kepada Otosia, Jumat (18/05).

Apabila ingin hasil yang lebih maksimal, menurut Robby saat ini sudah banyak campuran pembersih untuk washer tersedia di pasaran. Namun, apabila Anda enggan untuk mengaplikasikan capuran permbersih tersebut, penggunaan air untuk washer sebenarnya sudah cukup.

(kpl/fid/ahm)

BERI KOMENTAR