HOME » BERITA » JANGAN PAKAI SANDAL JEPIT SAAT MENGENDARAI SEPEDA MOTOR, BEGINI RISIKO BAHAYANYA

Jangan Pakai Sandal Jepit Saat Mengendarai Sepeda Motor, Begini Risiko Bahayanya

Kenali bahaya memakai sandal jepit saat mengendarai sepeda motor

Jum'at, 16 Oktober 2020 13:15 Editor : Ahmad Muzaki
Jangan Pakai Sandal Jepit Saat Mengendarai Sepeda Motor, Begini Risiko Bahayanya
Ilustrasi sandal jepit. (Public Domain)

OTOSIA.COM - Ketika mengendarai sepeda motor, pemotor wajib untuk menggunaka perlengkapan berkendara, seperti helm, sepatu, jaket, dan sarung tangan.

Meski begitu, terkadang ada saja pemotor yang memilih untuk memakai sandal jepit. Terlebih lagi saat turun hujan. Alasannya tentu tidak mau sepatu yang dipakai kotor dan basah.

Melansir Liputan6.com, walau lebih praktis, penggunaan sandal ketika berkendara motor tidaklah dianjurkan. Hal ini berkaitan dengan risiko kaki mengalami luka karena tak memiliki perlindungan.

1 dari 2 Halaman

Selain itu, tak menggunakan sepatu saat riding bisa membuat kaki menyentuh blok mesin yang panas terutama pengendara motor sport. Akibatnya, pengendara akan mengalami luka bakar.

Risiko lain yang mungkin menimpa pengendara saat tak menggunakan sepatu ialah mengalami goresan jika terkena ranting atau pantulan batu.

Parahnya lagi, kaki yang tidak terlindungi bisa terluka parah apabila bersenggolan dengan objek lain seperti kendaraan lain yang ada di sebelah kanan atau kiri.

2 dari 2 Halaman

Gunakan Sepatu yang Menutupi Mata Kaki

Tak hanya itu, resiko mengalami cedera serius juga bisa diterima apabila kaki tidak terlindungi ketika mengalami kecelakaan seperti terjatuh.

Oleh sebab itu, pemotor sangat disarankan untuk memakai sepatu yang menutupi mata kaki agar lebih aman. Jangan lupa juga untuk menggunakan sepatu yang nyaman, sehingga tidak mengganggu konsentrasi berkendara.

BERI KOMENTAR