HOME » BERITA » JANGAN PANIK, BEGINI ATASI OVERHEAT PADA MOTOR SECARA TEPAT

Jangan Panik, Begini Atasi Overheat Pada Motor Secara Tepat

Rabu, 26 Desember 2018 10:18 Editor : Iwan Tantomi
(c) Shutterstock

OTOSIA.COM - Overheat menjadi salah satu hal yang bisa terjadi kapan saja pada mesin motor. Apalagi saat sedang melakukan perjalanan jauh, overheat lebih mudah terjadi. Risiko mengalami overheat pun bisa lebih besar, manakala medan yang dilalui lebih berat, hingga membuat motor bekerja lebih keras dan berimbas pada mesin yang mendadak panas.

Meski begitu, jangan panik saat mengalaminya. Karena bagaimanapun overheat menjadi hal yang lazim terjadi. Lebih-lebih bagi anak motor yang suka banget melakukan perjalanan jauh, tentu akan lebih terbiasa dengan kondisi tersebut. Nah, untuk mengatasinya, kamu bisa menerapkan beberapa langkah sebagai berikut.

Jangan Paksa Motor untuk Terus Melaju

(c) Shutterstock

Ketika overheat melanda, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menepi di pinggir jalan. Kemudian, matikan mesin motor. Memaksa motor untuk terus melaju dalam kondisi overheat, justru akan berdampak pada kerusakan mesin motor yang lebih serius, seperti kerusakan pada blok mesin. Bisa-bisa perjalananmu justru akan terganggu, karena kerusakan mesin motor yang lebih parah mengharuskanmu melakukan servis total lebih dulu.

Mulai Mengecek Mesin Motor

(c) Shutterstock

Sesudah mematikan mesin motor, langkah berikutnya yang perlu kamu lakukan adalah memeriksa bagian mesin motor. Penting untuk memastikan mesin motor tetap aktif, hanya saja tak bisa dinyalakan misalnya. Kondisi tersebut masih lebih baik, daripada mesin motor mati total. Sebab, hal tersebut justru membuat penanganan overheat jadi lebih lama.

Pastikan Piston Masih Berfungsi Baik

(c) Shutterstock

Beres memeriksa bagian mesin, lanjutkan untuk mengecek piston motor. Sebab, posisi piston dalam silinder yang terlalu rapat, dapat membuat seker dan piston tak bisa leluasa beroperasi. Hal ini kemudian membuat saluran oli terhambat. Dampaknya, mesin pun jadi lebih cepat panas alias mengalami overheat.

Luangkan Waktu untuk Mendinginkan Mesin

(c) Shutterstock

Langkah ini memang perlu dilakukan secara konvensional. Meski begitu, mendinginkan mesin motor secara alami selama beberapa waktu, menjadi pilihan terbaik saat motor mengalami overheat. Lebih-lebih jika kondisi piston sudah diketahui. Agar kerusakan tidak bertambah parah dan blok mesin tak sampai rusak, luangkan beberapa waktu sejenak untuk mendinginkan mesin. Sembari menunggu, kamu bisa menepi di warung atau minimarket.

Pungkasi dengan Cairan Pendingin yang Tepat

Apabila motormu menggunakan sistem pendingin radiator, pungkasi langkah penanganan overheat tersebut dengan memberikan cairan pendingan yang tepat, seperti Yamalube Yamacoolant. Selain terjamin kualitasnya, produk tersebut banyak memiliki keunggulan. Mulai bisa digunakan untuk semua jenis motor yang menggunakan radiator, tidak mudah menggumpal pada suhu rendah atau anti-freeze, serta tak membuat karat pada komponen radiator alias anti-rust.

Menariknya lagi, Yamalube Yamacoolant ini dibuat dengan perbandingan 40% konsentrat dan 60% air, sehingga menjadi pilihan cairan pendingin yang tepat untuk mengatasi overheat pada motor. Selain itu, dengan volume baru yang lebih ekonomis, produk ini bisa dipilih oleh semua anak motor, dari pelajar hingga pekerja. Lebih lengkap, kamu bisa mengetahui produk Yamalube Yamacoolant di sini.

 (adv/tmi)