HOME » BERITA » JANGAN PANIK, BERIKUT LANGKAH HADAPI BANJIR SAAT BERKENDARA

Jangan Panik, Berikut Langkah Hadapi Banjir saat Berkendara

Hujan yang berakhir dengan banjir seperti sudah sangat cocok untuk jalanan di beberapa daerah di Indonesia, termasuk Ibu Kota. Hal ini tentu cukup merepotkan.

Sabtu, 10 November 2018 17:15 Editor : Dini Arining Tyas
Ilustrasi berkendara saat banjir (Express.co.uk)

OTOSIA.COM - Hujan yang berakhir dengan banjir seperti sudah sangat cocok untuk jalanan di beberapa daerah di Indonesia, termasuk Ibu Kota. Hal ini tentu cukup merepotkan.

Berdasarkan kasus yang kerap terjadi, NTMC Polri, memberikan beberapa tips bagi pengendara, baik sepeda motor dan mobil agar tetap aman jika melewati jalanan tergenang banjir.

Bagaimana caranya?

Jika melihat jalanan tergenang, jangan memaksa melewatinya. Kecuali benar-benar mengetahui kondisi ketinggian banjir tersebut.

Langkah yang harus dilakukan adalah segera putar balik dan cari rute lain. Bila tak ada, carilah tempat yang lebih tinggi dan tunggu banjir hingga surut.

Jika terpaksa melewati banjir, pastikan ketinggian air tak sampai menyentuh knalpot atau saringan udara kendaraan. Karena jika airnya menyentuh knalpot, air bisa naik ke lubang hisap udara (intake) pada kendaraan.

Jika hal itu terjadi, maka bisa mengakibatkan kerusakan lebih banyak dan Otolovers bisa terjebak di dalamnya.

Kemungkinan terburuk, jika mobil atau motor terendam hingga membuat mesin mati, maka biarkan kap mesin tetap tertutup. Untuk menghindari air masuk lebih lanjut, segeralah keluar dan kunci kendaraan lalu carilah tempat kering untuk berteduh.

Saat melewati genangan air, pastikan menggunakan gigi 1 untuk mobil manual atau posisi L untuk mobil matik, dan jaga kecepatan perlahan (stabil) kendaraan saat melewati banjir. Jaga putaran mesin (jika perlu dengan memainkan kopling) untuk menghindari air masuk dari knalpot.

Sumber: Liputan6.com

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR