HOME » BERITA » JANGAN PANIK, INI CARA MENGATASI MOBIL TIDAK BISA DISTARTER DENGAN MUDAH

Jangan Panik, Ini Cara Mengatasi Mobil Tidak Bisa Distarter dengan Mudah

Begini cara mengatasi mobil tidak bisa distarter. Simak selengkapnya!

Kamis, 12 Mei 2022 08:00 Editor : Ahmad Muzaki
Jangan Panik, Ini Cara Mengatasi Mobil Tidak Bisa Distarter dengan Mudah
Ilustrasi mobil (Istimewa)

OTOSIA.COM - Masalah yang kerap ditemui saat memiliki kendaraan adalah kondisi mesin yang tiba-tiba tidak mau distarter. Kondisi ini tentunya membuat Otolovers kesal, terlebih jika dalam keadaan buru-buru.

Nah, ketika kalian sedang mengalami kejadian ini, jangan panik terlebih dahulu karena dapat diatasi dengan beberapa cara. Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah cara mengatasi mobil yang tidak bisa di starter.

1 dari 5 Halaman

Untuk mengatasi mesin mobil rewel tentunya kalian jangan merasa panik terlebih dahulu karena dapat memperlama keadaan. Beberapa cara di bawah ini dapat Otolovers terapkan sewaktu mesin rewel. 

  1. Mengecek Tutup Distributor

Langkah pertama adalah dengan membersihkan tutup distributor yang kemudian dilanjutkan dengan pengeringan. Jika masih belum bisa dinyalakan, sebaiknya ganti tutup distributor agar mobil dapat berjalan kembali. 

  1. Mengecek Kondisi Aki

Umumnya, ketika mesin mobil tidak dapat distarter, masalah utamanya berasal dari aki. Oleh sebab itu, cek kondisi aki. Air aki menjadi fokus utama karena bisa jadi kotor, kering, atau sudah lama tidak terawat, sehingga tidak dapat mengalirkan tenaga menuju listrik. 

2 dari 5 Halaman

  1. Mengecek Bensin dan Aliran

Pengecekan bensin dan alirannya juga perlu dilakukan untuk mengetahui penyebab mesin rewel, biasanya ketika mesin rewel kemungkinan kondisi bensin akan habis. Tidak hanya itu aliran bensin menuju mesin juga perlu dilakukan pengecekan karena ditakutkan mengalami penyumbatan. 

Hal lain yang perlu dicek adalah  fuel pump melalui indikator layar Multi Information Display (MID) pada dashboard speedometer, bagian Check Engine menunjukan kondisi fuel pump. Kondisi mesin yang dingin juga menyebabkan indikator fuel pump lemah sehingga mesin tidak bisa distarter. 

  1. Periksa Kabel Koneksi Aki

Saat mesin tidak mau menyala dan kondisi lampu juga mati, sebaiknya Otolovers mengecek keadaan kabel aki, bisa jadi posisi kabel mengendur. Untuk memperbaikinya, lepas terlebih dahulu kemudian bersihkan dan pasangkan kembali. 

3 dari 5 Halaman

  1. Jump Start

Langkah selanjutnya untuk mengatasi mobil tidak bisa di starter adalah dengan melakukan jump start. Namun, langkah ini memerlukan aki dan mobil lain untuk mendapatkan tenaga baru pada aki yang rewel. 

  1. Membersihkan Karburator

Untuk mengatasi permasalahan ini, bersihkah karburator secara berkala karena jika karburator kotor maka akan menghambat penyaluran bahan bakar menuju ruang bakar.

4 dari 5 Halaman

  1. Membersihkan Busi

Pembersihan busi dapat kalian lakukan hanya dengan bermodalkan kain, cukup gosokkan kain hingga bersih. Jika busi terlihat rusak maka segera ganti agar kerusakan tidak berkepanjangan. 

  1. Periksa Dinamo Starter dan Alternator

Permasalahan mesin rewel biasanya muncul saat mobil sudah lama tidak digunakan, biasanya penyebabnya adalah kondisi dinamo starter dan alternator yang bermasalah. Segeralah membawa mobil menuju bengkel atau memanggil mekanik untuk memperbaikinya. 

5 dari 5 Halaman

  1. Cek Suhu Koil

Suhu koil yang terlalu panas, juga dapat menjadi penyebab mobil tidak mau menyala. Disarankan bagi Otolovers untuk segera mengganti koil agar dapat berjalan dengan normal. 

10. Servis Rutin 

Cara yang paling manjur untuk mengatasi permasalahan di atas dengan melakukan servis rutin. Cara ini dapat dilakukan untuk merawat mobil dengan benar.  Lebih baik serahkan kepada Mekanik atau montir yang berpengalaman agar membersihkan komponen mobil dan memperbaiki jika ada masalah pada mobil kamu. 

Demikian, cara mengatasi mobil yang tidak dapat di starter. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi Otolovers. 

Penulis: Dien Muhammad Abizard

BERI KOMENTAR