HOME » BERITA » JANGAN PANIK, LAKUKAN INI JIKA KLAKSON TAK BISA BERHENTI BERBUNYI

Jangan Panik, Lakukan Ini Jika Klakson Tak Bisa Berhenti Berbunyi

Kadang, klakson tiba-tiba berbunyi dan tidak mau berhenti. Jika hal itu terjadi, lakukan beberapa langkah berikut.

Rabu, 18 Juli 2018 10:15 Editor : Cornelius Candra
Ilustrasi: Car and Driver Magazine

OTOSIA.COM - Fungsi klakson sebagai pemberi peringatan sangat penting bagi kendaraan. Sayangnya, komponen ini sering dilupakan pengendara dalam hal perawatan. Tak jarang berbagai permasalahan muncul salah satunya klakson yang terus berbunyi. Ya, kondisi ini tentunya akan membuat Anda frustasi, apalagi bila terjadi di tengah perjalanan.

Namun jangan panik, dilansir dari lifewire.com, Selasa (17/07/2018), kondisi seperti ini sebenarnya dapat diatasi dengan mudah. Pada dasarnya, kejadian tersebut disebabkan oleh dua kemungkinan yaitu kegagalan sakelar yang berada di kemudi dan relay. Kegagalan keduanya juga bisa berdampak pada tidak bisanya klakson mobil menyala.

Untuk mengatasinya, segera menepi ke tempat yang aman. Kemudian carilah posisi kotak sekring yang biasa berada di dekat mesin mobil. Di dalam kotak itu Anda akan menemukan sekring klakson atau relay klakson. Cabut sekring tersebut untuk mematikan klakson.

Akan tetapi, apabila Anda tak bisa menemukan sekring mana yang berhubungan dengan klakson, mencabut baterai dapat menjadi opsi. Setidaknya hal ini memberikan Anda ketenangan agar bisa mencari informasi terkait posisi sekring klakson baik melalui buku manual kendaraan atau berselancar di dunia maya. Beberapa pabrikan kendaraan biasanya menempelkan diagram lokasi sekring di tutup kotaknya. Sehingga memudahkan Anda untuk menemukan lokasi sekring yang tepat.

Ketika sudah menemukan sekring yang tepat, lepaskan untuk memutuskan aliran listrik ke klakson. Kemudian sambungkan baterai agar Anda bisa berkendara kembali menuju bengkel terdekat. Trik lain bagi Anda yang kurang sabaran adalah mencabut satu per satu sekring sampai mendapatkan yang benar.

(kpl/fid/crn)

BERI KOMENTAR