HOME » BERITA » JANGAN PANIK SAAT BODI PENYOK, BEGINI CARA MENDEMPUL MOBIL YANG BENAR

Jangan Panik saat Bodi Penyok, Begini Cara Mendempul Mobil yang Benar

Berikut ini cara mendempul mobil yang baik dan benar. Simak selengkapnya!

Kamis, 19 Mei 2022 20:30 Editor : Ahmad Muzaki
Jangan Panik saat Bodi Penyok, Begini Cara Mendempul Mobil yang Benar
Ilustrasi dempul mobil (Otosia)

OTOSIA.COM - Risiko saat berkendara di jalanan Indonesia memang sangat banyak. Terlebih jika kondisi lalu lintas sedang macet, biasanya banyak pengendara motor yang menyalip meskipun jarak kendaraan berdempetan.

Alhasil kerap ditemui permasalahan sepeda motor menyerempet bodi mobil. Akibatnya mobil mengalami baret ataupun penyok. Jika sudah mengalami kejadian seperti ini, Otolovers dapat melakukan pendempulan pada bodi mobil.

Nah, solusi tersebut dapat dilakukan dengan beberapa cara dan alat yang dapat dengan mudah didapatkan. Dilansir dari laman Auto2000, berikut adalah cara mendempul mobil.

1 dari 7 Halaman

Jenis Dempul

Sebelum masuk pada pembahasan mengenai cara mendempul mobil, ada baiknya jika Otolovers mengetahui terlebih dahulu beberapa jenis dempul. 

  • Dempul Plamir

Dempul pertama yang dapat digunakan adalah jenis plamir. Jenis yang satu ini tidak memerlukan campuran dari bahan lainnya, sehingga untuk menggunakannya langsung di poleskan di area yang penyok atau lecet. 

Meskipun cara penggunaannya sangat mudah, namun untuk mengeringkannya memerlukan waktu yang cukup lama. Perlu diingat pada saat pengolesan usahakan jangan terlalu tebal agar hasil yang di dapat maksimal. 

2 dari 7 Halaman

  • Dempul Plastik

Jika Otolovers menginginkan hasil yang cepat, dempul yang satu ini dapat menjadi solusinya. Jenis yang satu ini harus dicampurkan dengan plastik dan pasta pengeras sesuai dengan takaran yang telah ditetapkan. 

  • Dempul Buatan

Yang terakhir adalah jenis dempul buatan. Dempul yang satu ini bermaterialkan dempul plamir dan bedak talk. Meskipun harganya terjangkau, namun dempul ini memiliki kualitas yang di bawah rata-rata. Akibatnya dempul ini tidak direkomendasikan untuk mobil Otolovers.

3 dari 7 Halaman

Cara Mendempul Mobil

Jika Otolovers telah mengetahui apa saja jenis dempul yang dapat digunakan, selanjutnya adalah bagaimana cara mendempul mobil yang baik dan benar. Berikut cara yang dapat kalian lakukan. 

  • Mempersiapkan Alat dan Bahan

Ada baiknya Otolovers mempersiapkan alat dan bahan yang akan digunakan terlebih dahulu. Hal ini tidak lain untuk mempermudah proses pendempulan. Jangan lupa untuk melindungi diri dari masker dan sarung tangan.

Bahan dan alat lainnya yang harus kalian siapkan adalah kertas amplas besi, kain atau lap microfiber sebagai lap, thinner, dan cat dasar. Thinner berperan sebagai pencair campuran zat perekat dan pewarna yang padat. Sedangkan untuk dasar umumnya menggunakan dua warna, yaitu abu-abu dan merah.

4 dari 7 Halaman

  • Mencampur Dempul 

Langkah kedua adalah dengan mencampur dempul, akan tetapi dempul baru dapat digunakan setelah 25 menit. Agar mendapat hasil percampuran yang maksimal sebaiknya proses ini dilakukan di atas tatakan yang rata.

Jika sudah mendapatkan tatakan yang rata, lakukanlah pencampuran dempul dengan pengeras hingga warnanya berubah menjadi kuning atau hijau. 

 

5 dari 7 Halaman

  • Membersihkan Permukaan Mobil

Agar hasil dempul benar-benar maksimal, Otolovers harus memastikan jika permukaan yang akan di dempul sudah bersih dari kotoran atau karat. Untuk membersihkannya, sebaiknya kalian menggunakan body part fiber dan kertas amplas halus.

Amplas berfungsi untuk menghilangkan karat-karat dan sisa-sisa debu amplas dapat dibersihkan dengan kain microfiber. Pada bagian mobil yang penyok, sebaiknya diratakan menggunakan hammer atau dolly, kemudian bersihkan hingga menyeluruh. 

6 dari 7 Halaman

  • Mulai Mendempul 

Sebelum melakukan proses ini, Otolovers sebaiknya mengaplikasikan campuran cat basic dan thinner terlebih dahulu. Untuk takaran penggunaannya untuk campuran cat basic dan thinner adalah 1:1. Setelah Tercampur dengan rata, mulailah mengecat bagian yang ingin di dempul.

Setelah berhasil mengecat, oleskan dempul ke bagian yang penyok atau keropos. Pendempulan harus dilakukan secara tipis-tipis dan bertahap, namun tetap merata. Oleh sebab itu, dibutuhkan kesabaran yang cukup.

7 dari 7 Halaman

  • Mengeringkan Dempul

Jika semua proses telah terlewati dengan baik, tunggulah hingga mengering.kemudian ratakan sekali lagi bagian yang di dempul tersebut dengan bantuan kertas amplas hingga mencapai hasil yang optimal. Apabila dirasa kurang rata, kalian bisa mengulangi proses tersebut hingga hasil dempul menjadi rata.  

Demikian, cara mendempul mobil yang dapat Otolovers lakukan di rumah. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi Otolovers semuanya. 

Penulis: Dien Muhammad Abizard

BERI KOMENTAR