HOME » BERITA » JANGAN PANIK SAAT MOBIL MENDADAK UNDERSTEER, BEGINI CARA MENGATASINYA

Jangan Panik Saat Mobil Mendadak Understeer, Begini Cara Mengatasinya

Tanpa tahu apa yang terjadi mendadak setir mobil tak berfungsi. Mobil terus melaju lurus meskipun setir mobil dibelokkan.

Sabtu, 08 Desember 2018 08:15 Editor : Dini Arining Tyas
Ilustrasi understeer (caradvice.com.au)

OTOSIA.COM - Tanpa tahu apa yang terjadi mendadak setir mobil tak berfungsi. Mobil terus melaju lurus meskipun setir mobil dibelokkan.

Jangan panik saat mengalami hal tersebut. Kondisi yang disebut dengan understeer itu disebabkan oleh berbagai macam faktor. Bisa jadi karena kerusakan pada sistem kemudi atau hal lain.

Hal ini tentu menyebabkan pengemudi dalam keadaan bahaya, terlebih saat berada dalam kecepatan yang tinggi. Mobil bisa terperosok ke tikungan karena tak berhasil membelok. Parahnya bisa menabrak pembatas yang menyebabkan kecelakaan fatal.

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan pengemudi ketika mobilnya mengalami understeer, seperti dikutip dari laman Nissan. Langkah tersebut antara lain:

1. Kendalikan respon alami Anda

Ketika kendaraan tergelincir, mungkin Anda akan secara refleks memutar kemudi ke arah yang berlawanan dan sesegera mungkin menginjak pedal rem. Sebaiknya kendalikan respon alami Anda. Ingatlah bahwa kedua hal tersebut justru akan membahayakan Anda dan penumpang.

2. Indentifikasi lingkungan sekitar

Apakah benar Anda mengalami understeer? Atau mungkin ada sedikit kesalahan pada roda kemudi sehingga kontrol pada mobil jadi hilang? Persiapkan mental Anda terlebih dahulu. Cobalah untuk memutar-mutar kemudi. Bila masih tidak bisa dikendalikan, segeralah fokus dengan keadaan sekitar. Lihat apa yang ada di sekitar mobil Anda. Nilailah apakah kondisi sekitar memungkinkan untuk melakukan pengereman.

3. Jangan menginjak rem terlalu kencang

Inilah kesalahan yang paling sering dilakukan pengemudi sehingga menyebabkan kecelakaan. Mengerem ketika berbelok berisiko mengunci ban bahkan membuat mobil terpelanting dengan mudah. Anda hanya boleh mengerem dengan tujuan untuk mengurangi kecepatan mobil, bukan berhenti. Lakukan secara perlahan dan bertahap.

4. Lepaskan pedal gas

sekalipun hindari menginjak pedal gas dan pedal kopling. Biarkan mesin yang akan memperlambat laju kendaraan. Menginjak pedal gas hanya akan mempercepat laju kendaraan. Sedangkan menginjak kopling membuat kendaraan melaju bebas tanpa aturan. Sedikit demi sedikit perkecil penggunaan pedal gas.

5. Putar kembali roda kemudi

Dengan tenang, kembalikan posisi kemudi hingga roda mengarah lurus. Bila Anda berada di tikungan, belokkan kemudi ke arah mobil tergelincir secara perlahan. Hal ini akan membuat roda Anda kembali mencengkeram jalan sehingga membantu kendaraan untuk berhenti secara perlahan.

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR