HOME » BERITA » JANGAN PANIK SAAT STARTER DINAMO RUSAK, MUNGKIN INI PENYEBABNYA

Jangan Panik Saat Starter Dinamo Rusak, Mungkin Ini Penyebabnya

Jum'at, 30 November 2018 22:15 Editor : Dini Arining Tyas
Ilustrasi starter mobil rusak (Daihatsu)

OTOSIA.COM - Berbeda dengan sepeda motor yang dilengkapi dengan kick starter, mobil hanya memiliki starter saja. Nah, jika starter ini bermasalah, maka mobil tak bisa dinyalakan.

Sebab cara kerja starter pada dasarnya dengan menggunakan listrik yang bersumber dari aki mobil. Tentunya, jika starter tak berfungsi maka sangat menyulitkan.

Coba cari tahu penyebabnya dulu saat starter rusak. Mengutip laman resmi Daihatsu Indonesia, pertama coba ingat apakah Otolovers terlalu memaksakan dinamo bekerja?

Jika iya, maka itu bisa menjadi penyebab rusaknya starter. Sebab terlalu memaksa kerja dinamo padahal mesin tidak mau menyala, bisa membuat dinamo panas.

Kondisi panas itu berpotensi membakar komponen-komponen lain pada mesinnya. Berilah waktu dinamo sampai dingin beberapa menit, kemudian coba kembali.

Hal lain yang bisa menjadi alasan starter dinamo tak berfungsi adalah karena habisnya carbon brush pada bagian dinamo starter. Tanda-tandanya adalah, putaran dinamo yang melemah dan muncul suara-suara aneh saat distarter.

Penyebab lainnya, mungin ada masalah pada bagian aki mobil. Masalah itu disebabkan oleh lemahnya suplai listrik dari aki ke bagian dinamo mobil. Ceklah bagian aki mobil secara berkala supaya hal-hal seperti itu tak terjadi.

 (kpl/tys)

BERI KOMENTAR