HOME » BERITA » JANGAN PARKIR MOBIL DI BAHU JALAN, BISA HALANGI PROSES PEMADAMAN KEBAKARAN

Jangan Parkir Mobil di Bahu Jalan, Bisa Halangi Proses Pemadaman Kebakaran

Memarkirkan mobil di tepi jalan sudah lumrah terjadi di Indonesia. Paahal perilaku itu bisa merepotkan orang lain, termasuk petugas pemadam kebakaran.

Rabu, 31 Maret 2021 14:15 Editor : Dini Arining Tyas
Jangan Parkir Mobil di Bahu Jalan, Bisa Halangi Proses Pemadaman Kebakaran
Petugas tertibkan mobil yang parkir sembarangan (Liputan6.com)

OTOSIA.COM - Meskipun saat ini semakin banyak orang yang bisa membeli mobil, faktanya mereka masih ada yang tak memiliki garasi. Bahkan lahan untuk memarkirkan mobil di depan rumah pun terkadang tak ada.

Alhasil mereka memarkirkan kendaraannya di tepi jalan. Selain tak aman bagi si pemilik, sebenarnya parkir mobil di tepi jalan juga merepotkan orang lain.

Termasuk petugas pemadam kebakaran juga bisa dibuat repot akibat mobil yang terparkir di tepi jalan. Pasalnya, sering kali mobil tersebut menghalangi proses pemadaman api.

1 dari 2 Halaman

Seperti kejadian yang belum lama ini, di mana petugas pemadam kebakaran tidak bisa mengakses titik api untuk memadamkan karena aksesnya terganggu oleh mobil yang parkir di bahu jalan.

Pasalnya, petugas Pemadam Kebakaran harus bergerak cepat untuk memadamkan api yang melanda perumahan warga.

"Diimbau kepada warga dan masyarakat yang memiliki kendaraan namun tidak memiliki parkiran pribadi, seyogyanya tidak diparkrir di bahu jalan. Karena pada saat kejadian seperti ini, kami dituntut cepat. Sementara banyak kendala yang kami hadapi, salah satunya adalah parkir yang terparkir di jalan. Bagaimana kita bisa cepat, sementara akses kami sendiri sulit untuk ditempuh," ujar petugas Pemadam Kebakaran.

 

2 dari 2 Halaman

Dalam video yang beredar di sosial media, petugas kesulitan masuk karena ada banyak mobil yang parkir di bahu jalan sehingga akses mobil Pemadam Kebakaran menjadi sulit menembus titik TKP.

"Mungkin itu saja imbauannya, dimohon kepada masyarakat yang memiliki kendaraan tapi tidak memiliki parkiran untuk dipikirkan kembali agar tidak membeli kendaraan atau mencari tempat parkir sewaan," tandasnya.

Dengan kejadian seperti ini, diharapkan setiap konsumen otomotif harus memikirkan lagi perihal tempat parkir kendaraan sehingga akses tidak tertutup dan mengganggu pengguna jalan lainnya.

Reporter: Fahmi Rizki

Sumber: Liputan6.com

BERI KOMENTAR