HOME » BERITA » JANGAN SALAH, INI ALASAN GRESNI FEDERAL OIL GAET LAGI SAM LOWES DI MOTO2

Jangan Salah, Ini Alasan Gresni Federal Oil Gaet Lagi Sam Lowes di Moto2

Minggu, 04 November 2018 11:15 Editor : Cornelius Candra
Sam Lowes di Federal Oil Gresini Racing Moto2 2016 (motorsport.com)

OTOSIA.COM - Tim balap Federal Oil Gresini Honda Moto2 sudah mengumumkan pada Agustus lalu bahwa mereka menggaet kembali rider asal Inggris, Sam Lowes. Keputusan itu menjadi pertanyaan. Sebab, prestasi Sam Lowes sedang drop pada musim terakhir.

Sebagai informasi, Sam Lowes putus kontrak dengan Aprilia saat turun MotoGP tahun 2017 lalu. Lalu di awal musim 2018, ia turun bersama KTM dengan nol prestasi. Ini yang mengusik tanda tanya mengapa Federal Oil Gresini Honda Moto2 menggaet kembali rider tersebut.

Pihak Federal Oil Gresini Honda Moto2 akhirnya buka-bukaan. Pertimbangannya rupanya cukup matang untuk menggaet rider yang pernah memperkuat Federal Oil Gresini Honda Moto2 pada tahun 2016.

Tim Manager Federal Oil Gresini Honda Moto2 kunjungi Indonesia (Otosia.com/ Nazar Ray)

"Jadi ketika memilih pebalap tim dan pebalap harus sama-sama ada keinginan. Pas kami lihat, ada beberapa yang tertarik bergabung. Kenapa Sam, dia pengalamannya sudah banyak, dia makin dewasa, matang, pengambilan risikonya juga makin terukur. Buat kami pengalaman itu sangat penting karena tahun depan kami menggunakan mesin baru," kata President Director PT Federal Karyatama (Federal Oil), Patrick Adhiatmadja

Carlo Merlini Commercial & Marketing Manager Gresini yang kebetulan berkunjung ke Indonesia memahami catatan akhir Sam yang kurang menarik. Namun, dia bukan melihat sisi prestasi yang sifatnya langsung meledak di awal.

"Juara dunia Moto3 ke Moto2 belum bisa langsung menggeberak, Moto2 ke MotoGP belum tentu langsung ke papan atas," kata dia.

Patrick lantas memeperjelas bahwa surutnya prestasi Sam belakangan ini dipandang bukan tanpa alasan.

Federal Oil Gresini Racing Team (Istimewa)

"Karakternya berbeda, MotoGP, Moto2. Ingat gaya sliding-nya dia, itu sama sekali tidak bisa diterapkan di MotoGP karena sistem gear. Jadi memang karakter motor, karakter rider beda. Ya cocok-cocokanlah antara pebalap dan motor. Kayaknya Sam tahu bahwa karakter dia lebih cocok kembali ke Moto2," kata dia.

Satu yang tidak boleh dilupakan dari hubungan Sam dan Federal Oil Gresini Honda Moto2 bahwa justru sang rider mencetak prestasi gemilang saat berada di tim ini. Dari 18 balapan, dia naik podium dua kali di tahun 2016.

Itu juga yang menjadi alasan Federal Oil Gresini Honda Moto2. Mereka memandang, Sam harus berada di tim yang tepat.

"Tahun ini hasilnya kurang baik karena timnya yang kurang baik. Bisa dibayangkan kan, pernah motornya rusak, tetapi dia tetap jalan. Rusak karena tidak ada spare part. Mestinya, dengan tim yang baik, mesin yang baik, kami bisa lebih kompetitif," tambah Patrick Adhiatmadja.

Reporter : Nazarrudin Ray

 (kpl/nzr/crn)

BERI KOMENTAR