HOME » BERITA » JANGAN SALAH KAPRAH, BEGINI CARA PAKAI DONGKRAK

Jangan Salah Kaprah, Begini Cara Pakai Dongkrak

Selasa, 05 Maret 2019 00:02 Editor : Dini Arining Tyas
Ilsutrasi mendongkrak mobil (Hyundai)

OTOSIA.COM - Perkakas mobil yang wajib ada salah satunya adalah dongkrak. Alat untuk mengangkat bodi mobil ini akan sangat membantu jika ban harus diganti saat diperjalanan atau sekadar mengecek bagian bawah mobil.

Tapi ternyata masih banyak yang bingung soal cara pakai dongkrak. Perlu diketahui ya Otolovers, dongkrak berfungsi untuk mengangkat salah satu sisi mobil. Bukan kedua sisi mobil.

Melansir laman Hyundai Indonesia, ada tiga macam dongkrak, ketupat, hidrolik, dan buaya. Umumnya, dealer juga memberi mobil yang dijual dengan dongkrak jenis ketupat, karena lebih ringkas, murah, dan mudah digunakan.

Nah jika demikian, pemilik mobil perlu tahu di mana dongkrak disimpan. Biasa ada di bawah jok, di ruang bagasi atau di dekat ban cadangan.

Sebenarnya, penggunaan dongkrak ini juga sudah dijelaskan di buku panduan. Sebab, pabrikan juga sudah mendesain agar mobil mudah didongkrak.

Selanjutnya pemilik juga perlu tahu soal titik tumpu dongkrak. Mayoritas, kesalahan mendongkrak terjadi saat mencari titik tumpu. Alhasil, mendongkrak mobil sembarangan dan terjadi kerusakan pada bagian bodi atau sasis akibat tak sanggup menahan beban mobil.

Titik tumpu untuk mobil-mobil modern sudah ditentukan dari jalur produksi. Desainnya pun disesuaikan dengan kepala dongkrak agar pegangan tak mudah bergeser.

Ingat fungsi dongkrak hanya untuk mengangkat satu sisi bodi ya Otolovers. Jika mobilmu berjenis sedan, maka ada empat lifting point. Di bagian depan, lifting point berada di sasis tepat belakang roda. Sedangkan bagian belakang, lifting point berada di sasis depan roda belakang.

Sementara mobil yang menggunakan lader frame, tumpuan yang dicari adalah tulang yang paling keras. Kepala dongkrak bisa diletakkan di bagain sasis yang terletak di kolong pintu samping. Pada bagian depan, tumpan yang bisa digunakan ada di bagian arm, sedangkan bagian belakang bisa mengandalkan bagian bawah rumah axle belakang.

Jika bodinya bertipe monokok, titik tumpuan terletak di antara kolong bagian dalam di pintu samping. Khusus monokok, tidak disarankan mengongkrak dari arm.

Perlu dicatat, dongkrak hanya bersifat untuk menaikkan saja. Maka jangan terlalu menahan beban dengna dongkrak. Jika butuh waktu lama, maka gunakan jack stand untuk mengganti dongkrak.

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR