HOME » BERITA » JANGAN SALAH KAPRAH, INI PERBEDAAN SWAY BAR DAN STRUT BAR

Jangan Salah Kaprah, Ini Perbedaan Sway Bar dan Strut Bar

Rabu, 14 Maret 2018 13:18

Jangan Salah Kaprah, Ini Perbedaan Sway Bar dan Strut Bar
Ilustrasi : sway bar/ tirereview.com
Editor : Cornelius Candra | Reporter : Muhammad Hafid Asisi

Otosia.com - Untuk meningkatkan kestabilan mobil, berbagai komponen dapat disematkan. Salah satu yang bisa menjadi pilihan adalah sway bar dan strut bar. 

Orang sering salah mengira keduanya merupakan komponen yang sama. Padahal, walaupun memiliki fungsi yang sama, tempat pemasangannya berbeda.

sway bar diagram

"Strut bar dan sway pada dasarnya sama-sama bertujuan untuk menambah kestabilan mobil pada saat kondisi tertentu," jelas Yosef Bee dari H20 Bodyworks.

Strut bar sendiri dipasang di bagian atas shockbreaker yang menghubungkan atau mengunci sisi kanan dan kiri. Hal ini bertujuan untuk mengurangi fleksibilitas shockbreaker pada kedua sisi ketika mobil bermanuver tajam. Efeknya ialah handling menjadi lebih stabil.

strut bar

Sedangkan sway bar berfungsi untuk mengunci atau mengurangi ayunan suspensi terhadap sasis. Hal ini bertujuan untuk menjaga fleksibilitas suspensi terhadap efek body roll ketika mobil berkecepatan tinggi. Selin itu, sway bar akan membuat mobil lebih stabil saat bermanuver tajam atau melalui jalan yang tidak rata.

"Pemasangan kedua alat tersebut menurut saya akan banyak terasa fungsinya ketika mobil dikendarai dalam kecepatan tinggi atau tertentu. Apabila dipakai hanya di dalam kota yg rentan dengan macet, kedua alat tersebut tidak banyak membantu," jelas Yosef.

 (kpl/fid/crn)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2018-5-14
detail

BERITA POPULER