HOME » BERITA » JANGAN SALAH KAPRAH, POLES BODI TIDAK BISA ATASI JAMUR DI KACA MOBIL

Jangan Salah Kaprah, Poles Bodi Tidak Bisa Atasi Jamur di Kaca Mobil

Selama ini banyak orang menyangka produk poles bodi mobil seperti wax bisa dipakai juga untuk menghilangkan jamur pada kaca mobil. Rupanya anggapan itu salah kaprah.

Jum'at, 02 Agustus 2019 09:15 Editor : Dini Arining Tyas
Jangan Salah Kaprah, Poles Bodi Tidak Bisa Atasi Jamur di Kaca Mobil
Produk poles bodi tak bisa hilangkan jamur di kaca mobil (Otosia.com/Nazarudin Ray)

OTOSIA.COM - Selain bodi, kaca mobil merupakan bagian yang rentan terserang kerak dan jamur. Jika dibiarkan dalam waktu lama kaca bisa kusam.

Untuk mengatasinya, banyak orang awam memakai produk poles bodi mobil. Bahan ini dianggap bisa menghilangkan kerak dan baret layaknya diaplikasikan pada bodi kendaraan. Padahal wax atau pengkilat bodi dan cairan khusus pembersih kaca berbeda, terutama kandungan bahannya.

"Pembersih kaca punya cairan atau obat khusus. Perlu diingat bahwa wax tidak bisa melindungi kaca dari baret atau membersihkan jamur yang menempel," kata Vehicle Repair & Maintenance Division Henkel Indonesia, Dani Haryono.

Menurut Dani, poles bodi tetap dapat digunakan untuk kaca maupun jendela mobil. Namun hanya bersifat mengkilatkan, membuat debu tidak menempel dan membuat air cepat turun.

"Kalau untuk melindungi atau proteksi terhadap mengkilap bisa. Dibersihkannya harus pakai microfiber yang baik, dan pastikan tidak ada kotoran atau debu. Kalau lapnya kotor, ya malah bikin baret kaca lagi. Tapi dia tidak bisa membersihkan jamur atau kerak, serta baret. Makanya kalau kaca berjamur dia harus dibersihkan pakai produk lain," jelasnya.

1 dari 2 Halaman

Jeli Memilih Produk Perawatan

Jangan Salah Kaprah, Poles Bodi Tidak Bisa Atasi Jamur di Kaca MobilJeli Memilih Produk Perawatan

Pemilik mobil perlu lebih jeli lagi saat memilih dan memakai bahan pembersih. Banyak produk perawatan eksterior yang bisa membantu melindungi eksterior, seperti Teroson WX 180. Produk ini memberikan perlindungan permukaan cat kendaraan dari kemungkinan timbulnya jamur, serta mengkilatkan bodi.

"Cat mobil terdiri dari beberapa lapisan, dari permukaan hingga dalam. Kalau baretnya dalam, wax tidak bisa menghilangkannya, kecuali yang tipis-tipis. Ini juga bisa buat kaca mobil, proteksi mengkilatkan," terang Dani.

Jadi, Teroson WX 180 hanya berfungsi menyempurnakan dan mempertahankan hasil kilap pada mobil. Produk Jerman ini diklaim mudah diaplikasikan pada bodi mobil. Cat kendaraan yang terlihat kusam akan kembali bersih, berkilau dan terlindungi dalam satu polesan.

2 dari 2 Halaman

Mudah Dipakai

Jangan Salah Kaprah, Poles Bodi Tidak Bisa Atasi Jamur di Kaca MobilMudah Dipakai

"Poles wax Teroson WX 180 bisa tahan sampai 3-4 minggu, sepanjang mobil dicuci pakai shampoo bagus, bukan sabun colek atau yang tidak jelas. Produk ini tidak mengikis cat mobil," terangnya.

Untuk mendapatkan hasil poles maksimal, pastikan lebih dulu mobil dalam keadaan bersih, tidak berdebu, dan kondisi mesin harus dingin.

"Polesnya harus pakai microfiber yang benar, karena lap yang tidak baik justru membuat goresan akibat adanya kotoran yang menempel," imbuhnya.

Teroson WX 180 tersedia dalam dua kemasan botol, yakni 1 liter yang dijual Rp 180 ribu dan 250 ml seharga Rp 80 ribu.

BERI KOMENTAR