HOME » BERITA » JANGAN SALAH PAHAM, LEASING MASIH BISA TARIK KENDARAAN YANG NUNGGAK KREDIT

Jangan Salah Paham, Leasing Masih Bisa Tarik Kendaraan yang Nunggak Kredit

Meski sudah ada keputusan MK, perusahaan leasing masih bisa menarik kendaraan yang mengalami kredit macet.

Selasa, 11 Februari 2020 09:45 Editor : Dini Arining Tyas
Jangan Salah Paham, Leasing Masih Bisa Tarik Kendaraan yang Nunggak Kredit
Leasing masih bisa tarik kendaraan yang nunggak (scbeic.com)

OTOSIA.COM - Mahkamah Konstitusi sudah mengeluarkan peraturan terkait fidusia yang tertuang dalam putusan Nomor 18.PUU-XVii/2019. Masyarakat diminta untuk tak memahaminya secara sepotong-sepotong, harus menyeluruh.

Pasalnya, pasca putusan MK itu, masih terdapat simpang siur pendapat pada tataran masyarakat. "Keputusan MK itu tidak bisa dibaca sepotong-sepotong. Ada ruang lebar untuk mengeksekusi jaminan debitur macet," terang Ketua Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI), Suwandi Wiratno.

Menurutnya, peruahaan leasing (multifinance) tetap bisa menarik kendataan debitur bermasalah, sepanjang pemberi hak fidusia (debitur) mengakui adanya cedera janji atau tak sanggup membayar. Bukan berarti leasing tidak boleh melakukan eksekusi sendiri dan harus mengajukan permohonan kepada pengadilan negeri.

1 dari 1 Halaman

"Jadi leasing masih tetap bisa menarik kendaraan dari debitur macet yang sebelumnya telah diperingatkan. Seperti adanya pengakuan dari debitur adanya cedera janji atau wanprestasi, itu sudah sesuai prosedur," lanjut Suwandi.

Lebih lanjut, kewenangan sepenuhnya ada pada penerima fidusia atau kreditur untuk melakukan eksekusi sendiri jika debitur mengakui adanya cedera janji dan secara sukarela menyerahkan benda yang menjadi objek dalam perjanjian fidusia.

Sumber: Merdeka.com

BERI KOMENTAR