HOME » BERITA » JANGAN SEPELEKAN PENYAPU AIR, WIPER INI BISA JADI PILIHAN

Jangan Sepelekan Penyapu Air, Wiper ini Bisa Jadi Pilihan

Sabtu, 13 Januari 2018 09:15

Jangan Sepelekan Penyapu Air, Wiper ini Bisa Jadi Pilihan
Foto: Istimewa
Editor : Fitradian Dhimas | Reporter : Nazarudin Ray

Otosia.com - Banyak pemilik mobil yang kerap menganggap sepele kegunaan wiper, sehingga terkadang luput dari perawatan yang semestinya. Kendati masuk dalam kategori aksesoris pendukung, tetapi bisa fatal akibatnya kalau kondisinya tidak berfungsi maksimal ketika digunakan. Padahal wiper adalah aksesoris penting di mobil

Karena itu agar wiper dapat bekerja dan berfungsi dengan baik, disarankan rutin melakukan pemeriksaan pada kondisi wiper mobil kesayangan Anda. Pasalnya, wiper yang berfungsi dengan baik sangat membantu pada saat cuaca tidak menentu seperti saat ini. Jika mendadak hujan, wiper pun akan siap untuk digunakan.

Wiper berfungsi untuk menyapu air di kaca mobil. Air hujan yang mengguyur kaca mobil akan mempengaruhi jarak pandang pengemudi, otomatis mengakibatkan terjadinya gangguan

pandangan. Oleh karena itu, kualitas wiper tergantung dari sapuan terhadap air ataupun kotoran di kaca mobil.

“Wiper yang bagus harus dapat menyapu air dengan sempurna, gak berisik saat dijalankan, dan gesekan karet-nya gak bakal ninggalin goresan di kaca mobil,” terang Yusup Budi Setio Assistant Manager Powertrain PT Denso Sales Indonesia, Yusup Budi Setio.

Menurut Yusuf, Denso menawarkan wiper blade yang disempurnakan dengan graphite coating technology. Teknologi ini berfungsi agar wiper tidak menimbulkan bunyi pada saat menyapu air atau kotoran. Selain itu, jika kaca mobil menggunakan water repellent, graphite coating dapat menjaga water repellent pada kaca mobil agar lebih tahan lama.

“Yang tak kalah penting adalah posisi wiper pada saat terkena terpaan panas. Jika memarkir kendaraan di tempat yang langsung terkena sinar matahari, ada baiknya wiper diangkat. Hal ini dikarenakan, kaca mobil yang panas dapat merusak karet wiper yang menempel di kaca mobil,” imbuh Yusuf.

Dampaknya adalah wiper akan menjadi cepat kering dan retak. Jika sudah demikian, maka sudah saatnya wiper harus diganti. Jika masih digunakan, sapuan wiper dengan karet yang keras dan retak hanya akan membuat kaca mobil tergores.

Air dan kotoran di kaca mobil pun tidak tersapu dengan sempurna. Pandangan menjadi terganggu dan membahayakan pengemudi. Untuk itu, sebagai pengendara, Anda wajib merawat wiper dan ketika wiper harus diganti, jangan salah membeli wiper dan asal harganya murah saja.

 (kpl/nzr/fdk)







Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2018-1-29
detail

BERITA POPULER