HOME » BERITA » JANGAN SEPELEKAN PERAN AKI DI BALAP MOTOR

Jangan Sepelekan Peran Aki di Balap Motor

Jum'at, 12 Mei 2017 20:45

Jangan Sepelekan Peran Aki di Balap Motor
Foto: Hafid
Editor : Fitradian Dhimas | Reporter : Muhammad Hafid

Otosia.com - Dalam dunia balap motor, peran kendaraan tentunya sangat penting di samping kemampuan si pembalap. Penggunaan komponen yang tepat akan sangat membantu si pembalap untuk melibas trek, salah satunya aki.

Pasalya, aki yang digunakan saat balap mempunyai fungsi yang sedikit berbeda dengan harian. Selain untuk menyalakan kendaraan, fungsinya juga untuk menjaga kestabilan dan pasokan arus listrik. Listrik ini tentunya dibutuhkan untuk komponen elektronik yang digunakan pada motor, seperti teknologi injeksi dan fuel pump.

"Aki untuk balap juga harus punya bobot yang seringan mungkin. Kalau motor semakin ringan, dia pastinya bisa melesat lebih baik dan kencang," ucap Deddy dari PT MotoBatt Indonesia.

Adapun aki yang dapat digunakan untuk balap menurut Deddy adalah yang berspesifikasi gel dan lithium. Tak hanya ringan, aki jenis ini memiliki spesifikasi yang mampu menunjang kelistrikan motor balap lebih baik dari jenis aki biasa.

"Gel dengan lithium tentu jauh berbeda. Dari segi harga juga jauh. Kalau gel di MotoBatt sekitar Rp 240 ribuan, kalau lithium bisa Rp 1,8 jutaan," ucap Deddy.

 (kpl/fid/fdk)







Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-12-14
detail

BERITA POPULER