HOME » BERITA » JELANG ARUS MUDIK 2019, BEBERAPA RUAS TOL BARU DIBUKA

Jelang Arus Mudik 2019, Beberapa Ruas Tol Baru Dibuka

Beberapa ruas tol baru akan dibuka secara fungsional pada arus mudik dan balik Idul Fitri 2019 mendatang.

Rabu, 08 Mei 2019 17:45 Editor : Cornelius Candra
Tol Trans Jawa (Liputan6.com)

OTOSIA.COM - Beberapa ruas tol baru akan beroperasi secara fungsional pada arus mudik dan balik Idul Fitri 2019 mendatang. Hal itu dikatakan langsung oleh Basuki Hadimuljono Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Lantas, tol-tol mana saja yang nanti bisa dilalui saat Idul Fitri 2019?

Di dalam Liputan6.com, dia menyebutkan ruas-ruas tol yang secara proyeksi bisa digunakan secara fungsional tersebut merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Jawa serta Tol Trans Sumatera.

"Saya kira Probolinggo-Pasuruan sudah pasti kan. Sei Rampah-Tebing Tinggi sudah kemarin. Kemudian mungkin Pandaan-Malang juga sudah. Kemudian nanti yang di Sidoarjo Porong-Gempol mungkin bisa," jelasnya di Jakarta, Selasa (26/3/2019).

Berdasarkan paparannya, beberapa ruas tol seperti Tol Sei Rampah-Tebing Tinggi sepanjang 9,26 km yang menjadi bagian dari Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi memang telah dapat beroperasi tanpa tarif sejak Senin, 25 Maret 2019.

Beroperasinya tol tersebut membuat ruas Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi sepanjang 61,7 Km yang menjadi bagian dari Tol Trans Sumatera kini telah dapat beroperasi secara keseluruhan.

Basuki melanjutkan, jalan tol lain semisal Tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro) sepanjang 31,3 km yang juga sudah dibuka secara fungsional saat Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 dan kini siap menjalani proses uji laik fungsi.

Ia pun menyatakan bahwa uji kelayajan ruas Tol Paspro akan dilakukan dalam waktu dekat. Dengan demikian, jalur ini bisa segera diresmikan dan berfungsi secara penuh.

Sumber: Liputan6.com

(kpl/crn)

BERI KOMENTAR