HOME » BERITA » JELANG MUDIK LEBARAN, 10 BAGIAN MOBIL YANG BISA DIPERIKSA SENDIRI

Jelang Mudik Lebaran, 10 Bagian Mobil yang Bisa Diperiksa Sendiri

Sebelum memakai mobil pribadi untuk mudik lebaran, pemeriksaan wajib dilakukan. Biasanya untuk melakukan pemeriksaan ini, pemilik bisa membawa mobil ke bengkel resmi.

Senin, 27 Mei 2019 17:45 Editor : Dini Arining Tyas
Jelang Mudik Lebaran, 10 Bagian Mobil yang Bisa Diperiksa Sendiri
Pemeriksaan mobil sebelum dipakai mudik di bengkel resmi (istimewa)

OTOSIA.COM - Sebelum memakai mobil pribadi untuk mudik lebaran, pemeriksaan wajib dilakukan. Biasanya untuk melakukan pemeriksaan ini, pemilik bisa membawa mobil ke bengkel resmi.

Tapi beberapa bagian bisa diperiksa sendiri secara manual, tanpa harus ke bengkel. Namun begitu bagian mobil itu punya peran sangat penting untuk mobil.

Nah, ada 10 bagian yang Otolovers bisa periksa sendiri secara manual, seperti dilansir dari laman Auto2000.

1 dari 10 Halaman

Perlengkapan Darurat

Jelang Mudik Lebaran, 10 Bagian Mobil yang Bisa Diperiksa SendiriPerlengkapan Darurat

Hal yang paling utama harus ada saat menempuh perjalanan jauh adalah perlengkapan darurat. Seperti dongkrak dan alat pembuka ban. Selain itu perkakas lainnya seperti senter, jumper aki, dan kabel sling untuk derek. Siapkan juga cairan cadangan seperti minyak rem.

2 dari 10 Halaman

Ban

Jelang Mudik Lebaran, 10 Bagian Mobil yang Bisa Diperiksa SendiriBan

Sepertinya sepele, tapi ban malah punya tugas yang sangat vital. Ditambah, saat dipakai mudik, mobil pasti diisi penuh oleh penumpang dan barang bawaan. Itu artinya tugas ban akan semakin berat.

Periksa dulu tekanan angin ban sesuai rekomendasi pabrikan. Sembari itu, lakukan pemeriksaan ringan kondisi fisik ban dan velg. Jangan lupa juga untuk membawa ban cadangan.

3 dari 10 Halaman

Oli Mesin

Jelang Mudik Lebaran, 10 Bagian Mobil yang Bisa Diperiksa SendiriOli Mesin

Jika oli mesin dalam kondisi yang kurang baik, mesin bisa saja tak bekerja secara optimal. Oli mesin juga punya tugas membantu melepaskan panas mesin serta membuang kotoranyang terbentuk akibat gesekan antar komponen mesin.

Maka itu, pastikan bahwa volume oli mesin sesuai dengan takaran. Otolovers bisa mengukur volume oli memakai tongkat pengukur ketinggian oli mesin alias dipstick. Jika ternyata ketinggian di bawah batas maksimal, segera tambah.

4 dari 10 Halaman

Minyak Rem

Jelang Mudik Lebaran, 10 Bagian Mobil yang Bisa Diperiksa Sendiri Minyak Rem

Indikasi berkurangnya minyak rem menandakan bahwa ketebalan kampas rem mulai menipis, dengan catatan tidak teradi kebocoran pada sistem rem. Jika minyak rem kurang, segera tambah.

Bagi pemilik mobil bertransmisi manual, biasanya tabung minyak rem ada di sebelah tabung minyak kopling. Sekalian periksa minyak kopling ya Otolovers.

5 dari 10 Halaman

Air Aki

Jelang Mudik Lebaran, 10 Bagian Mobil yang Bisa Diperiksa SendiriAir Aki

Banyak mobil masa kini yang menggunakan aki kering, tanpa harus melakukan ritual isi air aki. Tapi masih ada juga aki maintenance free (MF) yang masih mengandalkan air aki namun sistemnya dibuat tertutup sehinga volume air aki tidak berkurang. Tapi, ada indikator yang harus diperhatikan agar aki MF tetap berfungsi dengan baik.

Di lain pihak, beberapa mobil masih menggunakan aki basah konvensional. Untuk yang ini, silakan cek posisi ketinggian air aki. Tambah jika air aki kurang. Sekaligus bersihkan permukaan terminal aki dan tutup pengisi jika terjadi pengapuran.

6 dari 10 Halaman

Air Radiator

Jelang Mudik Lebaran, 10 Bagian Mobil yang Bisa Diperiksa Sendiri Air Radiator

Risiko air radiator habis, bisa membuat mesin mobil jebol dan turun mesin. Maka itu air radiator sebagai pendingin mesin mobil itu harus selalu ada. Lakukan ritual pengecekan air radiator pada pagi hari dan mesin belum dinyalakan.

Buka tutup radiator dan perhatikan batas ketinggiannya. Periksa juga tabung penyimpanan cadangan air radiator. Isi sampai batas atas, jangan sampai melebihi batas karena air radiator tidak bisa bersirkulasi dengan baik.

7 dari 10 Halaman

Air Pembersih Kaca

Jelang Mudik Lebaran, 10 Bagian Mobil yang Bisa Diperiksa Sendiri Air Pembersih Kaca

Air pembersih kaca atau sering disebut air wiper memang fugnsinya tidak sepenting dua cairan di atas. Namun jangan pernah dianggap sepele. Saat kondisi hujan dan kaca kotor, visibilitas akan berkurang.

8 dari 10 Halaman

Minyak Power Steering

Jelang Mudik Lebaran, 10 Bagian Mobil yang Bisa Diperiksa SendiriMinyak Power Steering

Teknologi Electric Power Steering (EPS) membuat power steering hidrolis dilupakan. Meski demikian, masih banyak mobil yang mengandalkan sistem hidrolis itu. Sama dengan yang lain, terdapat tabung cadangan tempat mengisi ulang minyak power steering. Nah, Otoloversbisa mengisinya sesuai takaran.

Hati-hati terhadap kebocoran. Letak pompa power steering yang di bawah berisiko memercikkan minyak ke knalpot. Sama dengan cairan kimia lainnya, mnyak power steering jug amemiliki titik bakar yang cukup rendah sehingga mudah menyala.

9 dari 10 Halaman

Freon AC

Jelang Mudik Lebaran, 10 Bagian Mobil yang Bisa Diperiksa SendiriFreon AC

Jika freon AC kosong, kenyamanan di dalam mobil bisa berkurang. Apalagi saat cuaca terik. Untuk memeriksanya, Otolovers bisa melihatnya melalui sight glass di ruang mesin. Nyalakan mesind an AC. Saat idle akan terlihat bening. Saat digas, akan timbul sedikit gelembung udara.

Jika saat idle terdapat gelembung udara, artinya freon berkurang. Saat memeriksa, perhatikan apakah ada potensi kebocoran atau tidak.

10 dari 10 Halaman

Oli Transmisi Otomatis

Jelang Mudik Lebaran, 10 Bagian Mobil yang Bisa Diperiksa Sendiri Oli Transmisi Otomatis

Oli transmisi otomatis tidak sekadar melumasi, tapi juga merupakan bagian dari sistem yang menggerakkan transmisi dan memberikan pengaruh besar jika bermasalah.

Saat ini teknologinya juga terus berkembang sehingga butuh oli yang lebih spesifik sesuai kebutuhan sistem yang dianut mobil. Cara memeriksanya, nyalakan mesin hingga suhu kerja, matikan, dan periksa volume via dipstick.

BERI KOMENTAR